Militer Indonesia Terkuat di Asia Tenggara, dan Terkuat 12 di Dunia

Ilustrasi. Parade keukuatan Militer Indonesia (ist)
Ilustrasi. Parade keukuatan Militer Indonesia (ist)

Makassar (rakyatbersatu.com) -Situs Global Firepower (GFP), sebuah situs yang menganalisis kekuatan militer diberbagai belahan dunia secara mengejutkan menyebut militer Indonesia adalah yang terkuat di Asia Tenggara dan negara dengan militer terkuat ke-12 di dunia.

Penilaian tidak dilakukan sembarangan. Ada banyak indikator untuk menganalisa kekuatan militer sebuah negara. Indikatornya antara lain jumlah penduduk, usia warganya yang bisa direkrut menjadi militer, besaran anggran yang dialokasikan, jumlah peralatan militer, konsumsi BBM, utang luar negeri serta masih banyak indikator lainnya.

Situs ini menyebut, jumlah penduduk sebuah negara yang semakin besar akan menjadi kekuatan sebuah negara, baik dalam perang konvensional, darat, laut dan udara. Indikator persenjataan militer tidak masuk dalam faktor penilai oleh GFP.

Untuk tahun 2015 ini GFP menggunakan 50 basisi analis dalam menilai kekuatan militer sebuah negara. Tahun ini masih Amerika Serikat negara dengan militer terkuat di dunia, kemudian di susul Rusia, dan China di peringkat kedua dan ketiga.Sedangkan India dan Inggris berada diperingkat keempat dan kelima.

Sementara negara Asia lain yang menduduki posisi 10 besar adalah Korea Selatan di peringkat ketujuh dan Jepang di peringkat kesembilan.Sementara Indonensia oleh GFP, ditempatkan pada peringkat ke 12 di dunia. Posisi Indonesia ini tepat di bawah Israel dan di atas Australia.

Dengan posisi ini, kekuatan militer Indonesia lebih kuat dibanding beberapa negara Eropa, seperti Polandia, Ceko, atau Denmark. Atau dengan kata lain, dari posisi ke-12 ini berarti secara militer Indonesia merupakan negara paling kuat di Asia Tenggara.

Negara terkuat kedua di Asia Tenggara ditempati Thailand yang secara global menempati peringkat ke-20. Diikuti Vietnam (21), Singapura (26), Malaysia (35), Filipina (40), Myanmar (44), Kamboja (96), dan Laos (117).
Sementara itu, lima negara dengan kekuatan militer terbawah dalam daftar ini adalah Libya, Zambia, Mali, Mozambik, dan Somalia. (bbs/yd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *