MK Tolak Semua Gugatan Prabowo-Hatta

Capres Prabowo Subianto bersama pemimpin partai pendukungnya saat kampanye di Makassar (yd)
Capres Prabowo Subianto bersama pemimpin partai pendukungnya saat kampanye di Makassar (yd)

Jakarta.- Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh gugatan yang diajukan pasangan capres-cawapres Prabowo-Hatta dalam Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2014.

Dalam sidang sengketa Pilpres yang digelar, Kamis, 21 Agustus 2018, MK menetapkan menolak seluruh guguatan yang diajukan oleh kubu Prabowo. Salah satu dalil gugatan kubu Prabowo-Hatta ke Mahkamah Konstitusi adalah mengenai dugaan politik uang di beberapa daerah. Dalil ini ditolak MK karena dianggap tidak mendasar dan tidak dapat dibuktikan.

Prabowo-Hatta melalui timnya medalilkan telah terjadinya politik uang yang bertujuan untuk memenangkan pasangan Jokowi-JK dalam Pilpres 2014. Ada 4 Provinsi yang diklaim telah terjadi politik uang atau money politic, yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung, dan Sumatera Selatan.

Sementara itu MK juga menolak seluruh gugatan yang diajukan oleh pihak Prabowo-Hatta. Putusan akhir dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim MK, Hamdan Zoelva. “Pokok permohonan pemohon tidak berlasan menurut hukum. Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” kata Hamdan kemudian mengetok palunya.

Menyikapi putusan MK tersebut, kubu Prabowo menyatakan tetap berusaha untuk melakukan upaya hukum lain, baik melalui MA maupun PTUN, Jika inipun gagal maka koalisi Merah Putih tetap akan berada di luar pemerintahan dan bersikap untuk mengawasi jalannya roda pemerintahan Jokowi-JK sebagai penyeimbang.

“Kami akan mengawasi pemerintahan sebagai kekuatan penyeimbang, dengan demikian itu akan memastikan sistem check and balances berjalan dengan baik,” kata Juru bicara Koalisi Merah Putih, Tantowi Yahya, dalam konferensi pers di Hotel Hyatt, Jakarta Pusat.

Dalam konferensi pers ini petinggi parpol koalisi Merah-Putih antara lain Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Waketum Gerindra Fadli Zon, Sekjen PPP M Romahurmuziy, Sekjen PKS Taufik Ridlo, Wasekjen PKS Fahri Hamzah, Sekjen PAN Taufik Kurniawan, Sekjen PBB BM Wibowo, Sekjen Golkar Idrus Marham, Tantowi Yahya sendiri, dan politikus Golkar Ali Muchtar Ngabalin itu, Tantowis mengucapkan selamat kepada pendukung Prabowo-Hatta yang telah berjuang bersama.Tantowi juga menegaskan bahwa kepercayaan yang diberikan ke Prabowo-Hatta dan koalisi Merah Putih tidak akan sia-sia.

“Perjuangan tetap kami lanjutkan untuk kebangkitan Indonesia. Kita tidak akan membiarkan satu detikpun perjuangan pendiri bangsa dikhianati. Kita harus merdeka dan berdiri di atas kaki kita sendiri.Kita akan berjuang untuk itu Indonesia, tidak kenal lelah, tanpa menyerah, dan tanpa berhenti daripada tunduk dan didikte bangsa lain,” pungkasnya. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *