Nafas Panjang Vony Sumlang

 

Vonny Sumlang
Vonny Sumlang

SEPULUH tahun  absen di industri musik nasional, tak serta-merta menghentikan nafas panjang biduanita Vonny Sumalang (52 ½ th).  Pelantun tembang hits sepanjang masa “Ratu Sejagad” kelahiran Lambaen – Manado, 19 April 1961 ini kembali melansir solo album ke-9 produksi Krecima Records bertajuk “Kekuatan Cinta”.

“Bagi saya usia tidak bisa mematikan talenta dan nafas panjang bernyanyi yang dikasih Tuhan. Apalagi,  hal itu  terus disyukuri dan digunakan sebaiknya mungkin untuk berkarya,” papar Vonny Sumlang kepada RB.Com  di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut penyanyi yang pertama melansir album perdana bertajuk “Kau Lelaki” tahun 1986 dengan Music Director Yockie Suryoprayogo ini, kendati usianya kini sudah lebih dari setengah abad, namun mantan vokalis Bhaskara band  yang berpengalaman mentas di North Sea Jazz Festival Belanda ini menjamin debut ulangnya lewat album “Kekuatan Cinta”  yang disiapkan matang sejak tahun lalu mampu menghadirkan gagasan baru dan karakter vokalnya yang masih prima.

“Berkat kolaborasi dengan Music Direktor dan pencipta lagu muda – Johnwill Dama asal Palu, album kesembilan saya ini banyak gagasan baru yang masih fresh hingga memacu saya untuk mengerahkan kepiawaian, keprimaan plus improvisasi vokal secara maksimal. Alhasil, album Kekuatan Cinta  menyuguhkan musik warna-warni mulai dari pop, rock, elektronik hingga Jazz,” ujar Vonny yang mencoba menggeliat total dengan mengusung dua lagu nge-beat ciptaan sendiri Love Oh Love dan Yang Kusayang  plus lirik lagu “Terlalu Mencintaimu” yang melodinya digarap Johnwill Dama.  “Hanya dengan menggeliat total, usia terbukti tak membatasi kreativitas. Bahkan, kalau saat ini saya ditampilkan sepanggung dengan girls band masa kini Cherrybelle – tak masalah. Saya siap mengimbangi,” tandasnya.

Hal menarik lain,  dalam album barunya berformat DVD dan bermaterikan delapan lagu – Vonny kembali mendaur ulang lagu hits Ratu Sejagad (1987) ciptaan Danny Mamesah dengan aransemen baru  lebih fresh dan simple.  “Dengan aransmen musik modern dan kekinian, lagu Ratu Sejagad  saya suguhkan untuk kaula muda saat ini. Walau lagu hits ini, sudah banyak direkam ulang oleh  penyanyi lain seperti Mulan Jameela, duo Ratu, mereka tetap tahu saya penyanyi aslinya yang bernafas panjang,”  tutur Vonny menutup pembicaraan. * (ata)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *