Najwa Shihab Pandu Bedah Buku “Jalan Panjang UU BPJS”

BPJsLika-liku perjalanan hingga Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) terwujud berhasil dituangkan dalam bentuk buku.

Buku bertajuk Jalan Panjang Mewujudkan Jaminan Sosial Nasional tersebut ditulis Ketua Pansus RUU BPJS dr Ahmad Nizar Shihab Sp,An. Buku tersebut dibedah di Bantaeng, Minggu (9/3).

Bedah buku setebal 238 halaman tersebut dipandu presenter kawakan Metro TV Najwa Shihab (host Mata Najwa) di gedung Balai Kartini Bantaeng.

Acara tersebut disambut antusias masyarakat Bantaeng bersama Bupati HM Nurdin Abdullah, Wakil Bupati H Muhammad Yasin, Muspida, Kepala SKPD, tenaga medis, guru dan pimpinan organisasi wanita.

Najwa Shihab dengan gaya khas pertanyaannya yang memikat mengawali dengan kesan pertama kali mengenal HM Nurdin Abdullah, karena rasa keinginantahuan lebih jauh dengan kepemimpinan Bupati Bantaeng dengan segala pencapaiannya.

‘’Selama ini, kiprah Nurdin Abdullah telah terdengar gaungnya hingga ke tingkat nasional. Dan begitu melihat langsung daerah berjarak 120 kilometer arah selatan Kota Makassar ini secara langsung, saya semakin bangga dan semakin kagum,’’ tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bantaeng menyampaikan motivasi utamanya dalam membangun Bantaeng lebih pada panggilan Nurani untuk lebih memajukan kampung halaman ayah handa H Abdullah tanpa melupakan jasa-jasa para pendahulu,

‘’Saya juga mengajak agar pemerintah beserta masyarakat bersama-sama mengejar ketertinggalan agar Bantaeng tidak boleh miskin karena semua potensi ada di daerah berjuluk Butta Toa ini,’’ ujarnya.

Pada sesi dialog interaktif, Najwa Shihab yang lebih akrab dipanggil Nana itu mulai mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan yang menohok untuk menggali pemikiran kedua tokoh (dr Ahmad Nizar Shihab dan HM Nurdin Abdullah) tersebut tentang langkah-langkah yang ditempuh untuk kepentingan masyarakat yang telah terbukti manfaatnya.

Pada kenyataannya keduanya bekerja untuk rakyat dengan berangkat dari panggilan jiwa dengan niat yang ikhlas untuk mengabdi kepada masyarakat dan untuk mencari kebenaran dan bukan untuk hanya sekedar membenar-benarkan segala sesuatunya, sehingga dari hal itu timbul suatu kepercayaan (trust) yang diberikan masyarakat kepada mereka.

Ahmad Nizar Shihab yang sangat aktif member perhatian terhadap mata masyarakat melalui bantuan kacamata mengungkapkan, trust tidak datang secara instan, memerlukan ujian-ujian sehingga dapat dipercaya.

Sedangkan Nurdin Abdullah menyatakan, jika trust tinggi maka cost akan rendah, begitu pula sebaliknya jika trust rendah maka cost akan tinggi.

Dalam buku yang diterbitkan oleh Cinta Indonesia dan dicetak PT Khalifah Mediatama tersebut terungkap bahwa Pembentukan RUU BPJS dikeroyok 8 Menteri serta memerlukan proses panjang sampai pada tahap pengesahan.

Pada segmen terakhir acara yang dipadati masyarakat itu, Bupati Bantaeng mengindikasikan 4 hal pokok yang akan dilakukan untuk masyarakat Bantaeng yaitu pengentasan kemiskinan, pengangguran, pembangunan infrastruktur serta menghilangkan potensi banjir di Bantaeng.

Sedangkan dr. Ahmad Nizar Shihab ingin perjuangan agar penyelenggaraan BPJS bisa berhasil dan pemerintah bisa berada ditengah sebagai fasilitator.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *