Napi Ngamuk, Lapas Palopo Dibakar

llustrasi.Kebakaran (ist)
llustrasi.Kebakaran (ist)

Napi ngamuk dan bakar Lapas kembali terjadi. Kali ini  di Lapas Palopo, Sulawesi Selatan. Peristiwa yang terjadi pada Sabtu, 14 Desember 2013 sekitar pukul 8.30 Wita  diduga kuat dipicu kemarahan seorang napi lantaran ditegur oleh Kalapas karena diketahui  sering mengganggu napi wanita.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulsebar, Kombes Endi Sutendi kepada wartawan mengatakan bahwa aksi pembakaran yang dilakukan oleh napi di Lapas Palopo bermula saat Kalapas Sri Pamuji yang didampingi Kepala Keamanan Lapas Luter Toding Pandung menjenguk seorang tahanan atas nama Riti alias Herman. Riti yang ditahan dalam kasus pencurian ini kerap usil dan menganggu tahanan wanita.

Saat Kalapas membuka pinti sel tahanan, tiba-tiba Riti yang ditahan di ruang khusus lansung menyerang  Kalapas. “Pada saat itu Riti berteriak memprovokasi tahanan yang lain untuk melakukan pengeroyokan, “tutur Endi.

Pemukulan terhadap Kalapas Palopo tersebut memicu  keributan dengan pengamanan di dalam Lapas. Sementara Napi berada di luar ruangan tahanan yang sedang melakukan pengecetan gedung tiba-tiba  ikut mengamuk dan melakukan pembakaran gedung lapas.

Saat itu, pintu gerbang Lapas Palopo ditutup dari dalam sehingga petugas Polres Palopo yang diback up Brimob dan TNI tidak bisa masuk ke Lapas tersebut, dan apipun terus merembes dan membakar sebagian banguan.

Endi menjelaskan, saat itu Kapolres berupaya melakukan negosiasi dengan napi yang ada di dalam untuk menghindari korban yang terjadi karena di dalam lapas ada 2 (dua) orang petugas lapas dan 7 orangg pengunjung, dan napi mengancam tidak menjamin keselamatan mereka jika petugas memaksa masuk.

Pada pukul 13.45 wita petugas pengamanan gabungan Polri dan TNI baru  berhasil menguasai situasi. Sebanyak 283 narapidana di Lapas itu dapat dikumpulkan kembali. Sementara petugas pemadam kebakaran juga berhasil memadamkan api yang membakar sebagian gedung Lapas.

Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Namun sebagian besar gedung lapas hangus terbakar. (yd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *