Nowela dan Virzha Favorit Juara Indonesia Idol 2014

Nowela Finalis Idol 2014
Nowela Finalis Idol 2014

TERSINGKIRNYA  finalis kesayangan kwartet dewan juri – Ubay (17 th) asal Magelang dari panggung Spektakuler babak lima besar,  Jumat tengah malam  (25/4) lalu, memicu persaingan ekstra ketat  antar empat kandidat The Next Indonesian Idol  2014.  Pemicunya,  menyusul tak ada lagi hak Veto  yang dimiliki Ahmad Dhani dkk.  empat finalis Virzha (24 th) asal kota audisi Medan, Nowela (26 th – Papua), Husein (24 th – Jakarta) dan Yuka (21 th – Makassar), sudah harus terlibat pertarungan hidup-mati untuk masuk tiga besar,  Jumat malam, 2 Mei mendatang.

“Mau tak mau, empat finalis yang bertahan harus siap bertarung hidup-mati. Kontestan yang mencoba tampil cari aman, dia bakal tergilas dengan rivalnya yang siap tampil habis-habisan. Pokoknya, Jumat malam mendatang, sudah semakin jelas siapa tiga finalis yang memiliki potensi besar memiliki mental juara dan layak menjadi The Next Indonesian Idol musim kedelapan,”  papar Bens Leo, pengamat musik ketika dihubungi  RB.Com di Jakarta, Sabtu (26/4) kemarin.

 Virzha Finalis Idol 2014

Virzha Finalis Idol 2014

Menurut wartawan musik senior ibukota ini, dari pengamatannya beberapa pekan terakhir, dua finalis  yakni Newela Elizabeth Auparay  dan Di Muhammad De Virzha  –  paling layak difavoritkan sebagai kandidat juara Idol tahun ini. “Keduanya sangat dibutuhkan  industri musik Indonesia yang lagi terpuruk saat ini. Nowela berlatar penyanyi Kafe,  merupakan biduan yang identik dengan paket lengkap. Selain pribadinya matang dalam bernyanyi, aura bintangnya pun sudah terang benderang saat ini. Sementara Virza, selain berpengalaman sebagai vokalis band Medan – Beautiful Monday, juga memiliki karakter vokal rock yang unik dan komersil,” ujar Bens.

Komentar  yang sama dilontarkan Titi DJ. Biduanita senior  yang sudah enam musim menjadi juri Idol ini mengatakan, track records  penampilan  di panggung spektakuler, baik Virza maupun Nowela sama-sama melangkah mulus. “Keduanya  tak pernah masuk posisi tidak aman atau masuk Bottom Two- dua terbawah dukungan voting pemirsa.  Jadi, keduanya pantas  paling difavoritkan juara,” katanya.

Sementara itu Yovie Widianto menambahkan, selain memprediksi  Virzha dan Nowela – dirinya juga menjagokan finalis asal Jakarta, Huseni. “Vokalis berkarekter Metal ini, bakal menjadi kuda hitam. Pasalnya, dia bakal berjuang keras mengukir sejarah baru genre metal bisa berjaya untuk kali pertama di ajang Idol,” ujar pentolan Yove and Nuno yang juga pencipta lagu Kemenangan Hati  – lantunan Ihsan Tarore jawara Idol 2006 silam asal Medan itu.

 Yuka Tamada, Finalis Idol 2014 asal Makassar

Yuka Tamada, Finalis Idol 2014 asal Makassar

Seperti diketahui, dari 10 gala show  yang digelar di panggung spektakuler, baik Nowela –biduanita berdarah campuran Papua dan Batak kelahiran Wamena, 19 Desember 1987 maupun Virzha – vokalis band Beautiful Mondey berambut gondrong kelahiran Aceh, 24  tahun silam selalu mendapat dukungan voting  cukup signifikan dari pemirsa RCTI hingga berada di posisi amam. Sementara  rival terberat keduanya Yuka Tamada asal Makassar, pernah sekali masuk posisi tak aman pada konser spektakuler ke-7. Disusul Husein yang tiga kali tak aman masing-masing pada konser spektakuer ketiga, delapan dan sembilan.

                  Harapan  Ubay  Pupus

Seperti lagu pertama yang diusungnya  Pupus milik Dewa 19, harapan Ubay untuk lolos ke empat Idol tahun ini  mengangkat tema  “A Decade of Dreams” pun  harus pupus. Pasalnya, finalis termuda asal Magelang – Jawa Tengah  yang masuk lima besar berkat bantuan hak Veto dewan juri  ini, tampil buruk ketika mengusung lagu kedua bertajuk “Clarity” milik Zedd.  Penyanyi yang piawai memainkan Saxophon, Piano dan Gitar ini, kedodoran melantunkan lagu bertempo cepat.  Alhasi, seperti prediksi  dua juri Anang Hermansyah dan Ahmad Dhani, Ubay benar-benar tersingkir.

“Walau tersingkir,  saya akan melanjutkan kiprah nyanyi dan bermusik. Kedepan saya akan bernyanyi dan membuat album rekaman untuk kalian,”  tekad pelajar bernama panjang Muhammad Yusuf Nur Ubay, menggebu . * (naskah dan foto – ata)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *