Parepare Kembangkan Layanan Kependudukan Berbasis IT

Suasana di Kantor Catatan Sipil Kota Parepare (ist)
Suasana di Kantor Catatan Sipil Kota Parepare (ist)

Parepare (rakyatbersatu.com)-  Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare mengembangkan sistem pelayanan kependudukan berbasis Informasi Technologi (IT). Sistem ini rencananya dilaunching (diluncurkan) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)  Parepare, Kamis, 14 Januari hari ini.

Salah satu inovasi yang dikembangkan Pemkot Parepare adalah penyiapkan ruang tunggu di Disdukcapil  yang nyaman dengan  sistem antrian berbasis IT. Disdukcapil  juga menyiapkan  loket pelayanan termasuk loket pengaduan sehingga terjalin ukhuwah dalam layanan dengan custumer.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare, H Amran Ambar, menjelaskan, penggunaan sistem IT memungkinkan masyarakat  yang telah mendaftar melaui antrian dapat kembali beraktivitas hingga menerima informasi via SMS gateway.

“Setelah mereka mendaftar  untuk mereka bisa kembali beraktivitas menyelesaikan urusannya. Setelah dokumennya siap, kami akan SMS agar mereka menjemput documen yang telah selesai pada hari yang sama,” kata Amran, ditemui usai memimpin rapat staf di Kantornya beberapa hari lalu.

Pihaknya juga telah menyiapkan layanan prioritas dengan durasi pemrosesan dokumen hanya sekitar tujuh hingga 45 menit. Layanan ini terbuka sore hingga malam hari.

Pengembangan sistem IT kependudukan tersebut,  ujar Amran, merupakan bagian dari inovasi yang dicanangkan Walikota Parepare, Dr HM Taufan Pawe. “Disdukcapil  harus tampil sebagai garda terdepan dengan berbagai improvisasi dan inovasi hanya dapat kita raih dengan disiplin,” katanya.

Program lain yang tengah dikembangkan Disdukcapil  adalah menggelar kegiatan urung rembuk  dengan RW se Kota Parepare, LSM serta media. Hal sama juga dilakukan dengan stakeholders, baik horizontal maupun vertikal.

Disdukcapil juga menyusun program kerja tahunan harus melahirkan suatu formulasi kegitan   yang inovatif Dan dirasakan Lansung oleh masyarakat sebagai citizen.

“Untuk tahun 2016 ini kami memberian uang duka/ pemakaman bagi  keluarga yang ditinggal  dan semuanya serba gratis sejak lahir hingga akhir hayat, sebagai mana manifestasi program  Bapak Walikota Taufan Pawe, Dr HM Taufan Pawe,” katanya.(a.rahman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *