Pemda dan Kajari Takalar Tandatangani MoU

Bupati Takalar  DR. H. Burhanuddin Baharuddin, SE.,M.Si dan Kajari Takalar H. Fery Tas SH, M.Hum, M.Si menandatangani MoU. (ist)
Bupati Takalar DR. H. Burhanuddin Baharuddin, SE.,M.Si dan Kajari Takalar H. Fery Tas SH, M.Hum, M.Si menandatangani MoU. (ist)

Takalar.RBC. Pemerintah Kabupaten Takalar dan Kejaksaan Negeri (Kajari) Takalar, Rabu 17 Juni 2015 sepakat menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding), meliputi kesepakatan bersama tersebut meliputi kerja sama penegakan hukum di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara dalam hal pelayanan hukum, bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya. Dengan dasar hukum pelaksanaan MoU tersebut UU Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan, UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2007 tentang Tata cara kerja sama daerah.

Penandatanganan MoU yang berlangsung d di Ruang Rapat Pimpinan Lantai III Kantor Bupati Takalar ditandatangani langsung Bupati Takalar DR. H. Burhanuddin Baharuddin, SE.,M.Si dan Kajari Takalar H. Fery Tas SH, M.Hum, M.Si.

Tujuan dilaksanakannya penadatanganan kesepakatan bersama ini adalah untuk efesiensi dan efektivitas penyelesaian masalah hokum dalam lingkup Pemda Takalar yang bertujuan agar permasalahan hukum yang timbul, baik di bidang Hukum Perdata naupun Hukum Tata Negara dapat diselesaikan secara bersama antara Pemda Takalar dan kejaksaan Negeri Takalar.

Bupati Takalar mengatakan penandatanganan perjanjian kesepakatan bersama ini sebagai suatu kebijakan yang proaktif dalam membangun kerjasama yang positif antara Pemda Takalar dan kejaksaan Negeri Takalar dalam rangka melaksanakan program di bidang penegakan Hukum khususnya dalam Lingkup Pemda Takalar.

” Dengan kesepakatan bersama ini, diharapkan mampu mengeliminir potensi timbulnya permasalahan hokum yang terjadi khususnya berkaitan dengan Pemda serta diharapkan mampu meningkatkan funsi dan tugas kelembagaan masing-masing pihak dalam upaya optimalisasi penegakan hukum secara tegas, professional dan tidak diskriminatif terhadap segala bentuk perbuatan melawan hukum yang menggunakan cara-cara yang bertentangan dengan Peraturan Perundang-undangan sebagai sarana utamanya, ” ungkapnya.

Turut hadir dalam penandatanganan MoU tersebut Wakil Bupati Takalar H. M. Natsir Ibrahim SE, Ketua DPRD Takalar H. Jabir Bonto, SE, Staf Ahli Bidang Pertanian Dirham HS, S.Sos, MM, Para Pimpinan SKPD Lingkup Pemda Takalar serta para Staf KajariTakalar.(hms/yd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *