Pemkot Parepare Luncurkan Layanan Kependudukan Berbasis IT

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe saat peliuncuran Layanan Kependudukan Berbasis IT
Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe saat peliuncuran Layanan Kependudukan Berbasis IT

Parepare (rakyatbersatu,com) –  Satu lagi inovasi layanan yang dilakukan Pemerintah Kota Parepare. Kini, masyarakat yang membutuhkan administrasi kependudukan tak perlu lagi antri mendapatkan dokumen kependudukan yang mereka butuhkan.

Pemerintah Kota Parepare, khususnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil ) Kota Parepare,  telah mengembangkan sebuah sistem layanan administrasi kependudukan yang mudah dan mutakhir.

Dokumen seperti  Kartu  Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu  Keluarga (KK), kini dapat diperoleh warga dengan mudah.  Tak hanya mudah, dokumen-dokumen tersebut juga dapat diperoleh dalam hitungan menit oleh masyarakat.

“Cukup memasukan permohonan, setelah itu mereka (pemohon) dapat melanjutkan aktivitasnya di luar, dan hari itu juga setelah jadi maka secara otomotis mereka akan mendapatkan SMS gateway bahwa dokumen telah jadi dan siap diambil,”  kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare, H Amran Ambar.

Bertempat di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kamis, 21 Januari, sistem ini  resmi diluncurkan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe.  Acara ini turut dihadiri pimpinan SKPD lingkup Pemkot Parepare. Tampak pula Direktur Bank Sulselbar Cabang Parepare, Daenur Hafsir.

Amran mengungkap, setiap hari pihaknya melayani minimal 240 pemohon yang diajukan masyarakat. Tinginya kebutuhan layanan administrasi kependudukan tersebut, menjadikan pihaknya juga mengembangkan layanan pengarsipan digital.

“Sebab kalau kita gunakan pengarsipan manual, ruangan tidak akan cukup. Perhariminimal kita layani 240 pemohon. Karena itu, kita juga buat dokumen arsip secara digital,” terang Amran.

Pengembangan berbagai sistem IT kependudukan tersebut,  ujar Amran, merupakan bagian dari inovasi yang dicanangkan Walikota Parepare, Dr HM Taufan Pawe. “Disdukcapil  harus tampil sebagai garda terdepan dengan berbagai inovasi hanya dapat kita raih dengan disiplin,” katanya.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe, menyatakan mengapresiasi langkah yang diambil Amran. Taufan berharap, inovasi layanan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam jajaran Pemerintah Kota Parepare harus menjadi bagian trend pemerintahannya ke depan.

Taufan mengungkap hasil survey Celebes Research Centre (CRC) pimpinan Herman Heizer yang dipaparkan di Barugae, Kompleks Rujab Wali Kota Parepare beberapa hari lalu bahwa poin persepsi kepuasan warga terhadap layanan administrasi kependudukan menempati angka tertinggi, yakni hingga 91 persen.

Taufan pun mengingatkan seluruh jajarannya agar segera mengikuti langkah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. “Penggunaan sistem IT ini adakah suatu inovasi yang luar biasa. IT itu tidak harus wah, tetapi bagaimana memberi solusi dan memudahkan masyarakat kita,” kata Taufan.

Meski mengapresiasi, Taufan tetap minta dinas ini agar tidak cepat berpuas diri. “Ini sudah bagus, namun tambahkan pelayanan prima. Konsep pelayanan prima konsumen, masyarakat kita harus nyaman dan merasa puas,” katanya.(yd/r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *