Pengembangan Kota Makassar Diselaraskan dengan Pengembangan Pelabuhan

Walikota Makassar Danny Pomanto bersama Dirut Pelindo IV Mulyono memberikan keterangan kepada wartawan usai pertemuan kedua pemimpin itu di lantai 6 kantor Pelindo IV, Makassar.
Walikota Makassar Danny Pomanto bersama Dirut Pelindo IV Mulyono memberikan keterangan kepada wartawan usai pertemuan kedua pemimpin itu di lantai 6 kantor Pelindo IV, Makassar.

 Rakyat Bersatu – Pengembangan Kota Makassar akan diselaraskan dengan pengembangan Pelabuhan Makassar. Ini penting dilakukan agar kelak tidak terjadi overlap yang bisa menghambat pengembangan kedua sentra fokus ini. Itu sebabnya Walikota Makassar Danny Pomanto melakukan pembicaraan khusus dengan Dirut Pelindo IV Mulyono, Senin sore 15/9 di Lantai 6  Kantor Pelindo IV, Makassar. Pembicaraan tersebut bersifat koordinatif membahas tentang rencana pengembangan Kota Makassar ke depan dengan rencana jangka panjang pengembangan Pelabuhan Makassar.

Menurut walikota, pihaknya harus mengetahui rencana pengembangan Pelabuhan Makassar dengan Pelindo IV sebagai pihak yang mengelola pelabuhan. “Pembicaraan ini sangat penting bagi kedua pihak, sebab jangan sampai pada pengembangan nanti, di tengah jalan terjadi over lapping – terutama terkait dengan masalah lahan – sehingga baik Pemkot maupun Pelindo IV, sama-sama bisa saling menghambat karena sebelumnya tidak ada koordinasi antara kedua pihak,” jelas Walikota Danny Pomanto, usai pertemuan.

Sebagai kota yang terus bergerak maju dari segala aspek, maka salahsatu masalah yang dihadapi Kota Makassar ke depan masalah terbatasnya lahan. Luas Kota Makassar yang sekarang 175 km2, tidak bisa lagi diperluas karena berbatasan dengan daerah lain dan dengan laut. Karena itu, seiring dengan perkembangan di berbagai aspek, perkembangan jumlah penduduk, suatu ketika nanti akan jadi masalah karena lahan tidak bertambah. Karena itu, lahan yang dimiliki Pemkot Makassar sekarang akan ditata dengan baik untuk dikembangkan. Dikembangkan bukan dalam arti kata diperluas, akan tetapi akan dimaksimalkan pemanfaatannya. “Untuk itu, saya butuh informasi dari Pelindo IV tentang rencana pengembangan Pelabuhan Makassar,” jelas Danny.

Terpisah, Dirut Pelindo IV Mulyono dalam keterangan khusus kepada Bugis Pos com, dan didengar pula oleh belasan wartawan dari berbagai media menjelaskan, Pelabuhan Makassar memang sudah membuat perencanaan ke depan, terutama untuk memperluas pelabuhan peti kemas dan fasilitas lainnya.

“Beberapa waktu belakangan ini, kami sudah kewalahan melayani arus pengiriman peti kemas yang setiap hari bertambah, karena keterbatasan fasilitas. Makanya, kami akan mengembangkannya ke depan,” katanya.

Mulyono menyebutkan, sekarang daya tampung Pelabuhan Makassar untuk peti kemas sebesar 800 ribu buah ukuran 12 feet. Setelah pengembangan nanti, akan mampu ditampung 1.500 peti kemas. Rencana biaya pengembangan sebesar Rp1,2 triliun. Sumber dananya, sebagian ditanggung Pelindo IV dan sebagian lagi APBN. Belum jelas kapan dimulainya pengembangan itu, sebab dananya masih sedang dibahas di pusat, katanya. (uka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *