Perkenalkan Peran DPD RI, “Obama” Dialog di Bantaeng

 Anggota DPD RI H Bahar Ngitung menyerahkan buku kepada Asisten 3 Maula Akil usai dialog dan sosialisasi di Kantor Bupati Bantaeng.
Anggota DPD RI H Bahar Ngitung menyerahkan buku kepada Asisten 3 Maula Akil usai dialog dan sosialisasi di Kantor Bupati Bantaeng.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) H Bahar Ngitung melakukan dialog bersama pejabat Pemda sekaligus sosialisasi tentang keberadaan lembaga negara tersebut ke depan.

Sosialisasi yang dihadiri pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), termasuk camat, Lurah dan Kepala Desa se Kabupaten Bantaeng, Selasa (3/12) tersebut dipandu Asisten III Maula Akil.

Bahar Ngitung yang lebih dikenal dengan tagline Obama itu mengatakan, keberadaan DPD sangat jelas diatur dalam UU. Bahkan pada RUU No 27/2009 tentang Tugas dan Fungsi DPR/DPRD, disebutkan, DPD harus dilibatkan dalam penyusunan RAPBN.

‘’Bila DPR tidak melibatkan DPD maka produknya dinyatakan cacad atau inskonstitusional,’’ ujarnya.

Ia kemudian mengemukakan, keberadaan DPD di senayan menjadi perekat bangsa, sayangnya setiap provinsi hanya diberi jatah 4 orang sehingga posisinya sulit dalam pengambilan keputusan.

Terlebih kewenangan yang diberikan juga hanya dalam batas memberi pertimbangan kepada dewan. Karena itu, Obama mengaku terpaksa melakukan improvisasi dalam bersosialisasi dengan para pejabat dan wakil rakyat.

‘’Berkat berbagai pengalaman memimpin organisasi hingga menjadi Ketua Kadin Makassar dan beberapa organisasi lainnya dalam dunia usaha, kami bisa bergaul dengan pejabat, termasuk menteri,’’ ujarnya.

Pergaulan ini yang bisa menembus ketatnya persaingan lobby di pusat. Karena itulah, perlu dilakukan sesuatu, terutama di Bantaeng yang memiliki wilayah subur dan dipimpin bupati visioner.

‘’Kita harus bersatu memajukan daerah karena tidak mungkin bupati melakukan sendiri,’’ ujar Bahar Ngitung yang juga putra daerah seraya mengingatkan pentingnya memberikan suara pada Pemilu April 2014.

Salah memilih, kita akan tergadai. Sebaliknya, bila pilihan kita tepat, kesejahteraan akan membentang. Dan itu menjadi tugas kita semua menentukan wakil yang bisa memajukan daerah, tambahnya.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *