Perpustakaan UIN Alauddin Kini Lebih Menarik dan Nyaman

 

UIN Alauddin --foto besseLaporan : Besse Helmia

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar

Prodi Komunikasi Penyiaran Islam 

Perpustakaan kampus  tempat dimana biasanya civitas akademika kampus  mencari buku, jurnal ilmiah dan informasi lainnya. Selain itu juga jadi tempat  membaca dan mengerjakan tugas dalam proses perkuliahan. Rutinitas demikian terkadang membuat  pengunjung merasa cepat bosan ketika dalam perpustakaan dengan suasana monoton. Namun begitu keberadaan perpustakaan dalam suatu perguruan tinggi sangatlah penting karena merupakan jantung dari sebuah perguruan tinggi.

Kampus II UIN Alauddin Makassar Samata Gowa, mempunyai perpustakaan lumayan besar dan perpustakaan itu  mengalami renovasi bangunan yang merupakan agenda pimpinan baru perpustakaan umum yakni Muh. Quraisy Mathar , S.Sos , M.Hum,  untuk memberikan kenyamanan bagi setiap mahasiswa yang datang ke perpustakaan.

Kegiatan para mahasiswa UIN ketika berada diperpustakaan
Kegiatan para mahasiswa UIN ketika berada diperpustakaan

Jam buka perpustakaan pada hari Senin – Kamis,  mulai jam 08.00 – 12.00 WITA,  setelah itu istirahat bagi  para karyawan, kemudian dibuka kembali pada jam 13.00 – 15.00 WITA. Sedangkan di hari Jum’at buka  jam 08.00-11.00 WITA ,istirahat kemudian dibuka pada jam 13.00-15.00 WITA .

Biasanya mahasiswa UIN Makassar yang datang berkunjung keperpustakaan memiliki beberapa alasan seperti diungkapkan seorang pengunjung  bernama Radiah dari Fakultas Tarbiyah Jurusan Bahasa Arab semester Sembilan, dia mengatakan, berkunjung ke perpustakaan karena ingin mencari referensi dan searching tentang skripsi yang sedang dipersiapkan, tetapi kalau boleh jujur biasanya saya datang ke perpustakaan karena ingin menikmati wifi perpustakaan dan mungkin bukan cuma saya, sepertinya sebagian pengunjung juga seperti itu” jelasnya.

Pengunjung yang datang keperpustakaan tersebut tidak hanya mahasiswa UIN saja tetapi ada juga mahasiswa dari universitas yang berkunjung yang biasanya mereka datang untuk mencari referensi dan materi tentang skripsi mereka.

Menurut Wiwik Yulianti bagian sirkulasi/bebas pustaka, mengemukakan  kebanyakan dari mahasiswa berkunjung  ke perpustakaan adalah mereka yang lagi studi di semester 1, 2, 3 dan 4, dimana mereka mempunyai mata kuliah umum.sedangkan mahasiswa semester akhir 7, 8, dan 9,  biasanya mereka hanya berkunjung ke bagian referensi.

Pada bulan Maret, Juli dan Agustus 2015 pengunjung perpustakaan terbilang sangat sedikit karena pada bulan-bulan tersebut banyak hari libur, terbukti pada bulan Juni hanya 102 kunjungan dan pada bulan Agustus sebanyak 231 kunjungan. “Sedangkan pengunjung perpustakaan yang memiliki kartu perpustakaan yang tercatat dalam sistem pada bulan November mengalami peningkatan pengunjung dari bulan – bulan sebelumnya yang mencapai sebanyak 1350 kunjungan belum termasuk yang dicatat manual,” tutur Wiwik.

Pada tahun 2016  pihak  perpustakaan UIN Alauddin Makassar akan memberikan  inovasi baru, perpustakaan nantinya tidak hanya dijadikan sebagi tempat untuk mencari dan membaca buku saja tetapi juga akan dijadikan sebagai tempat rekreasi  bagi para mahsiswa agar pengunjung betah berlama – lama diperpustakaan dan dapat menikmati fasilitas yang ada, tandasnya

Inovasi yang akan diberikan nantinya seperti cafe baca yang akan dibuat dilantai dua perpustakaan, karpet yang ada disetiap bawah tangga dan televisi besar. Ini adalah salah satu strategi untuk menarik mahasiswa agar pengunjung banyak yang datang ke perpustakaan dan demi memberikan kenyamanan dan kesan ketika berada dalam perpustakaan, kata Wiwik. (*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *