Pesawat AirAsia Belum Ditemukan

air asiaJakarta .RBC.– Pesawat AirAsia  dengan nomor penerbangan QZ 8501 yang mengangkut sebanyak 155 penumpang dan kru yang hilang pada Minggu, 28 Desember 2014 belum juga ditemukan kendati pemerintah telah mengerahkan tim pencari  yang terdiri dari 7 pesawat, tiga KRI milik TNI Angkatan Laut dan helikopter di sekitar Pontianak dan Tanjung Pandan.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo mengatakan belum dapat dipastikan apakah pesawat AirAsia jatuh atau mendarat darurat di suatu tempat.Electronik Locator Transmiter (ELT) sejauh ini belum terdeteksi oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). ELT merupakan perangkat pesawat untuk mendeteksi lokasi pesawat.

Namun demikian bisa diperkirakan lokasi kontak terakhir pesawat ada daerah antara Pontianak dan Tanjung Pandan. TNI Ankataan Udara telah menutup  area seluas 100 nautical mil untuk terbang pesawat pemantau.

Ketua KNKT Tatang Kurniadi membantah adanya isu telah ditemukannya  serpihan pesawat. “Saya tegaskan rumor itu tidak benar,” kata Tatang. Ia berharap jika ada informasi yang bisa dipertanggungjawabkan bisa disampaikan kepada petugas berwenang untuk ditelusuri kebenarannya.

Seperti diketahui, pesawat AirAsia QZ8501 rute Surabaya-Singapura sebelum hilang kontak sekitar Pukul 06.17 WIB. Sebelum itu pilot pesawat sempat meminta izin untuk menyimpang jalur dan naik ke ketinggian 38 ribu kaki. Namun, yang diizinkan ATC baru menyimpang dari jalur.

“(Pilot) Lapor pada petugas ATC meminta pesawat menyimpang dari rute penerbangan dan naik pada kepada ketinggian 38 ribu feet atau 380 FL (Flight Level). Sudah disetujui menyimpang, namun naik 38 ribu feet belum disetujui karena ada traffic, juga belum ada izin dari ATC sekitarnya,” jelas Plt Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Joko Muryatmojo.(yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *