Pesawat Hercules TNI AU Jatuh di Medan, 45 Jenazah Sudah Dievakuasi

Bagian ekor pesawat Hercules C-130 hangus di tengah rumah rusak dan mobil di kawasan perumahan Medan, Selasa (30/6/2015). Diperkirakan sekitar 50 penumpang. (foto liputan 6.com)
Bagian ekor pesawat Hercules C-130 hangus di tengah rumah rusak dan mobil di kawasan perumahan Medan, Selasa (30/6/2015). Diperkirakan sekitar 50 penumpang. (foto liputan 6.com)

Medan.RBC. Pesawat Hercules C 130 milik Skadron 32 Pangkalan TNI AU Abdurachman Saleh jatuh dan terbakar di permukiman penduduk di Jl Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, Selasa, 30 Juni 2015 sekitar pukul 12.00 WIB. Hercules naas ini jatuh setelah 2 menit tinggal landas dari Lanud Soewondo Polonia Medan menuju Pulau Natuna dan Tanjung Pinang.

Informasi lain menyebutkan yang pesawat itu dipiloti Kapten Pnb Sandy memuat 50 penumpang. dan ada 12 kru prajurit TNI AU.
Hingga pukul 16.30 WIB diketahui sudah sekitar 45 korban yang sudah masuk ke ruang jenazah Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP-HAM). Banyak pihak yang memastikan tidak ada korban selamat dalam kecelakaan tersebut.

Kepala Penerangan Pangkalan Abd Saleh Letkol Sutrisno saat jumpa pers di kantornya, Selasa (30/6) mengatakan pesawat Hercules mengangkut prajurit dan keluarganya untuk penerbangan umum rutin.Pesawat dan awak milik Skadron 32 Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh ini bertolak dari markas pada 29 Juni 2015 hingga 2 Juli 2015 mendatang.

Dia menambahkan, pesawat Hercules ini juga mempunyai misi untuk mengangkut para prajurit TNI AU untuk kembali ke daerah-daerah. “Misi penerbangan umum, ini mengangkut prajurit dan keluarga,” tambahnya.

Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh memastikan jika pesawat Hercules C-130 dengan nomor pesawat A-1310 dalam kondisi fit ketika bertolak meninggalkan Kabupaten Malang. “Pesawat dalam kondisi baik, sudah dicek dan ini penerbangan umum dengan rute yang ditentukan. Jadi setelah melalui tiga titik untuk meninggalkan titik keempat alami insiden. Dua menit take off dari Pangkalan Suwondo pesawat alami trouble di kokpit. Akan balik lagi, sebelum landing terjadi insiden ini,” tutur Sutrisno menambahkan.

Dari lokasi kejadian dilaporkan proses evakuasi masih terus dilakukan oleh Tim SAR Gabungan di lokasi jatuhnya pesawat Hercules C-130 di Kompleks Gardenia, Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara.(bbs/yd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *