Pilkada Serentak di 184 Daerah Terancam Tertunda

Kotak Suara Pilkada (ist)
Kotak Suara Pilkada (ist)

Jakarta.RBC. Pelaksanaan Pilkada di 184 daerah di Indonesia terancam tertunda, lantaran belum memiliki anggaran, padahal sebelumnya pemerintah sudah sepakat bahwa 9 Desember 2015 ini Pilkada serentak dilakukan di 269 daerah.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Dodi Riyadmaji dalan diskusi yang digelar di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 12 Mei 2015 mengatakan bahwa sudah ada 85 daerah yang telah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), namun begitu masih ada 184 daerah yang belum menandatangani NPHD atau belum memiliki anggaran Pilkada. Hal ini disebabkan oleh belum disepakatinya jumlah anggaran yang dibutuhkan antara KPU dan Pemda.

“Persoalannya banyak daerah yang dalam menghitung uang yang mau dihibahkan ada kekurangan, karena ada tahapan yang harus dilakukan KPU dalam menfasilitasi kampanye karena (anggaran) kampanye dihandle KPU,
tidak masing-masing bikin sendiri,” ungkap Dodi.

Sementara menurut Peraturan‎ KPU tentang tahapan, program dan jadwal Pilkada, jika anggaran Pilkada itu belum cair sampai dengan pembentukan PPK dan PPS tanggal 18 Mei, maka tahapan pilkada di daerah itu ditunda.

‎Dodi menjelaskan, dalam pantauan Kemendagri, semua pemda sebetulnya sudah menyiapkan anggaran untuk pilkada, hanya belum ditandatangani NPHD-nya karena masalah jumlah anggaran tadi belum sepaham dengan
KPU.

Dodi mendorong agar Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri memantau semua Pemda untuk memastikan anggaran semua daerah cair sebelum tanggal 18 Mei, sehingga tak ada yang ditunda.

Sementara Komisioner KPU Ferry Kurnia ‎Rizkiyansyah mengatakan beberapa daerah memang belum mengantongi anggaran pilkada dari pemerintah. Patokannya adalah belum ditandatanganinya Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

“Iya ditunda apabila tidak ada anggaran, karena kalau sudah dilantik, maka konsekuensi biaya operational perlu ada. Kita berharap pemda dan KPU  untuk segera menandatangani NPHD dan setelah NPHD ditandatangani
mohon segera dicairkan,” ucap Ferry.

Pada 2015 sebanyak 269 daerah akan melaksanakan Pilkada serentak. Dan KPU sudaj menetapkan jadwalnya yakni; Pendaftaran Pilkada dimulai pada 26-28 Juli 2015, Pemeriksaan kesehatan pasangan calon 26 Juli-1 Agustus 2015, Penelitian syarat pencalonan 28 Juli-3 Agustus 2015, Penetapan pasangan calon 24 Agustus 2015 dan Pemungutan suara serentak 9 Desember 2015 (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *