Pisang Ijo, Raih Rekor MURI

Pisang Ijo (ist)
Pisang Ijo (ist)

Makassar (rakyatbersatu.com)- Kota Makassar kembali mencatatkan namanya di Museum Rekor Indonesia (MURI), sebagai kota yang berhasil membuat Pisang Ijo terpanjang dengan variasi terbanyak.

Dalam gelaran Traditional Food Vaganza, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disperekraf) bekerjasama dengan komunitas kuliner Makassar dan pihak terkait lainnya, Sabtu (29/11/2015) berhasil membuat Pisang Ijo sepanjang 150 meter, dengan 93 variasi jenis rasa.

Acara yang berlangsung di Anjungan Pantai Losari berlangsung meriah dan disambut hangat oleh masyarakat. Walikota Makassar Danny Pomanto yang juga hadir dalam acara ini mengatakan sangat senang, dan mengapresiasi kegiatan yang membawa harum nama Makassar.“Kedepan kita akan hadirkan event yang lebih baik lagi untuk warga Makassar,” ucap Danny.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara Kemenparekraf RI Esthy Reko Astuti mengatakan event kuliner ini sangat mendukung suatu daerah untuk menjadi pilihan destinasi pariwisata.

“Kedepannya akan kami rencanakan setiap daerah punya ikon wisata kuliner dan akan dipatenkan,” ungkap Esthy.

Ia juga mengungkapkan, perkembanvan wisata suatu daerah itu didukung oleh item-item yang ada di dalamnya, salah satunya kuliner itu sendiri.Namun dia menyarankan agar diperkuat dengan history atau sejarahnya. “History dari kuliner itu akan sangat mendukung jika ingin menjadikannya ikon,” kata Esthy.

Traditional Food Vaganza yang akan memamerkan Pisang Ijo terpanjang tersebut merupakan hasil kerjasama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekat) Kota Makassar dengan Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) DPD Sulsel.

Acara ini juga bertujuan untuk mempertegas bahwa kuliner pisang ijo adalah penganan khas masyarakat Sulsel. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *