Polda Sulselbar Jaring 10 Ribu Pengendara

Operasi Zebra di Kep. Selayar (ist)
Operasi Zebra di Kep. Selayar (ist)

Makassar (rakyatbersatu.com) – Operasi ┬áZebra 2015 yang digelar di seluruh Indonesia terlaksana dengan baik. Khusus di wilayah Polda Sulselbar, operasi ini berhasil menjaring 10 ribu pengedara dengan berrbagai pelanggaran.

Kepala Seksi Pelanggaran (Kasigar) Polda Sulselbar Kompol Sengkaru mengatakan sejak operasi Zebra digelar pada 22 Oktober hingga 4 November 2015 mengatakan bahwa jumlah pengendara yang melanngar aturan lalulintas naik cukup tinggi.

“Kebanyakan dari pengendara yang terkena razia tidak dilengkapi surat tanda nomor kendaraan (STNK), kemudian tidak menggunakan helm standar dan pengendara menggunakan handphone saat mengemudi, ” ungkap Sengkaru, Kamis (5/11/2015)

Meski terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada pelanggaran lalulintas, namun dari data statistik, tahun 2015 ini angka kecelakaan lalulintas mengalami penurunan jika dibandingkan pada tahun 2014 yang akan mencapai 136 kasus, turun di tahun 2015 ini menjadi 113 kasus saja.

Demikian juga korban meninggal. Tahun 2014 ada 35 korban yang meninggal di jalan. Tahun 2015 ini hanya 23 korban. Tetapi korban luka justru meningkat tahun ini menjadi 40 orang, sementara di tahun 2014 hanya 38 orang.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, penurunan angka kecelakaan diakibatkan jumlah penindakan yang terus massif. Ini sebagai salah satu bukti bahwa polisi bekerja selama ini.
” Untuk menekan angka kecelakaan lalulintas dan juga pelanggaran lalulintas, jajaran Polda Sulselbar akan terus berupaya semakismalnya. Kita akan terus tingkatkan,”tandas Frans Barung Mangera. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *