Pramuka Wadah Membentuk Karakter Generasi Muda

 Penjabat Bupati Kepulauan Selayar Drs. H. Syamsibar, M.H., bertindak selaku inspektur upacara pada Pembukaan Perkemahan Jambore Cabang Gerakan Pramuka tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2015 di bumi perkemahan permanen Suburu Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar, sabtu 24 Oktober 2015
Penjabat Bupati Kepulauan Selayar Drs. H. Syamsibar, M.H. menyematkan tanda peserta Jambore Cabang Gerakan Pramuka tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2015 di bumi perkemahan permanen Suburu Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar, sabtu 24 Oktober 2015

Saburu, Selayar (rakyatbersatu.com).- Gerakan Pramuka merupakan suatu sistem pendidikan nonformal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal. Gerakan pramuka adalah wahana penting untuk membentuk karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda bangsa.

Gerakan pramuka adalah tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya. Pada organisasi gerakan pramuka ini,peserta dapat belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain di alam bebas, membangun keberanian dan tanggung jawab dan belajar memimpin anggota yang lain.

Demikian Bupati Kepulauan Selayar Drs. H. Syamsibar, M.H., saat memberikan sambutan pada upacara Pembukaan Jambore Cabang Kepulauan Selayar di Bumi Perkemahan Suburu Kec. Bontoharu Kab. Kepulauan Selayar, Sabtu 24 Oktober 2015.
.
H Syamsibar mengatakan era globalisasi dewasa ini penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Akan tetapi manusia tetap sebagai faktor penentu yang paling utama. “Dengan demikian, kita ingin membangun manusia yang memiliki karakter, serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat,” terangnya Syamsibar.

Ditegaskan Syamsibar, menggalakkan gerakan pramuka sangat penting, karena kecenderungan pramuka kurang diminati oleh pelajar akhir-akhir ini. Untuk itu gerakan pramuka harus memiliki daya tarik sebagai kegiatan ekstra kurikuler, dilakukan upaya peningkatan kualitas pembinaan serta pembenahan organisasi dan manajemen khususnya di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Bupati Kepulauan Selayar, Drs. H. Syamsibar, M.H., yang juga menjabat selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulawesi Selatan ini, meminta kepada kepala-kepala sekolah di Kab. Kepulauan Selayar, milai dari tingkat Sekolah Dasar hingga tingkat lanjutan untuk turut serta mendukung pencapaian tujuan gerakan pramuka khususnya di sekolah.

Usai upacara pembukaan, Bupati, H. Syamsibar, bersama Waka Polres Kepulauan Selayar dan segenap undangan mengunjungi tenda-tenda peserta Jambore Cabang yang dimulai dari Gudep Pesantren Babussalam Putra. (yasin/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *