Presiden Berharap Jalur KA Makassar-Manado Selesai 2018

Ilustrasi. (ist)
Ilustrasi. (ist)

Barru (rakyatbersatu.com)- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pembangunan jalur Kereta Api (KA) yang menghubungkan Makassar- Manado rampun pada 2018. Harapan presiden itu diungkapkan saat meninjau proyek rel kereta api trans Sulawesi yang mulai di bangun di Kabupaten Barru, Rabu (25/11/2015).

Presideng mengatakan bahwa pembangunan konstruksi jalur KA dari Makassar ke Parepare sudah mulai terlihat. Dan hal itu patut disyukuri semua pihak. “Memang saat ini baru mencapai enam KM, tapi kita berharap tahun depan ke Pare-Pare sekitar 145 KM terealisasi. Tahun depan juga mulai dibangun dari Manado ke sini,” kata Presiden.

Seperti dilansir Kompas.com, Presiden mengatakan proyek KA ini akan tersambung dengan Makassar New Port dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar.

Jokowi menyebutkan, KA Trans Sulawesi nantinya bukan kereta cepat, tetapi berkecepatan 200 km per jam sudah lebih cepat dari mobil.

Sedangkan material dipegunakan untuk membangun proyek itu hampir 100 persen menggunakan produk dalam negeri seperti bantalan dari WIKA, pengunci dari Pindad. “Memang relnya masih dari Jepang, tapi hampir 100 persen dari dalam negeri,” katanya.

Presiden juga menyatakan jika proyek ini masih membutuhkan dana tambahan, maka itu akan dimasukkan dalam APBN perubahan.

Presiden menegaskan bahwa pemerintah tetap berkomitmen dalam penyediaan infrastruktur daerah di seluruh Indonesia. “Ini tidak hanya di sini, di tempat lain juga ada. Di Papua baru studi, semester depan mungkin selesai sehingga tahun depan sudah mulai konstruksi,” sebutnya.

Menurut presiden, tersedianya berbagai infrastruktur seperti KA akan memberi dampak positif pada semua sektor, khususnya perekonomian. Biaya transportasi, logistik dan distribusi akan lebih murah, dan dampaknya harga barang akan lebih murah.

“Kalau ada kereta api, ada transportasi laut, kita pastikan biaya transportasi, distribusi lebih rendah, biaya logistik lebih murah, harga barang juga lebih rendah,” kata Presiden.

Kunjungan Presiden di Kabupaten Barru disambut hangat oleh ribuan warga. Mereka antusias untuk bersalaman dengan presiden. Seperti biasa, Paspamres harus bekerja ekstra agar hasrat warga menyalami presidennya terpenuhi.(yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *