Presiden Jokowi: Terima Kasih TNI

Pasukan TNI memerihkan HUT TNI ke-70 yang dipusatkan di Dermaga Cilegon Banteng, Kamis 5 Oktober2015 (ist)
Pasukan TNI memerihkan HUT TNI ke-70 yang dipusatkan di Dermaga Cilegon Banteng, Kamis 5 Oktober2015 (ist)

Cilegon (rakyatbersatu.com) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberi apresiasi yang tinggi terhadap TNI yang hari ini, Senin 5 Oktober 2015 genap berusia 70 tahun. “Terima kasih TNI” kata Jokowi mengawali pidatonya pada puncak perayaan HUT TNI ke 70 yang dipusatkan di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten..

Presiden Jokowi atas anam negara, pemerintah dan pribadi menyampaikan selamat ulang kepada keluarga besar TNI di mana pun berada. Dan secara khusus presiden menyatkan kebanggaannya terhadap anggota TNI yang bertugas di
daerah pedalaman, di wilayah perbatasan, terpencil, dan di pulau-pulau terdepan. Termasuk untuk anggota TNI yang bertugas di luar negeri sebagai pasukan pemelihara perdamaian serta para prajurit TNI yang saat ini bahu-membahu memadamkan api kebakaran hutan dan lahan.

“Saudara-saudara telah dan sedang melaksanakan tugas yang mulia, terhormat dan membanggakan bagi bangsa dan negara serta dunia internasional,” kata Jokowi di atas podium saat menyaampaikan amanatnya selaku Inspektur Upacara Puncak Peringatan HUT ke-70 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten.

Jokowi mengingatkan TNI untuk bisa memanfaatkan momentum HUT ini agar kembali pada jati diri sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional.

Jokowi sangat mengapresiasi tema HUT ke-70 TNI yaitu “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian.”

“Sejarah mencatat bahwa TNI dilahirkan dari “rahim” rakyat. Panglima Besar Jenderal Soedirman menyatakan bahwa hubungan TNI dan rakyat adalah ibarat ikan dan air. Ikan tidak akan hidup tanpa air. Rakyatlah yang mengandung, merawat, dan membesarkan TNI,” tegas Jokowi.

Jokowi mengingatkan agar TNI tidak melupakan rakyat. Apalagi sampai menyakiti rakyat. TNI, imbuhnya, akan kuat jika bersama rakyat. Karena hanya bersama-sama rakyat, TNI akan kuat dalam menjalankan tugas pengabdian pada bangsa dan negara. “Hanya bersama-sama rakyat, TNI menjadi kekuatan militer yang hebat, kekuatan militer yang disegani serta kekuatan diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain di dunia,” tegas Jokowi.

Puncak peringatan HUT TNI ke 70 diwarnai berbagai atraksi menarik yang diperagakan oleh prujurit TNI. Aksi mereka disaksikan ribuan masyarakat yang memadati Dermaga Cilegon.

Di lokasi ini , ribuan prajurit TNI unjuk gigi menyuguhkan berbagai atraksi. Mulai dari demonstrasi bela diri Yoongmodo, parade dan defile prajurit, serta parade ratusan alutsista kebanggan TNI.

Utuk pertama kali dalam parade, ada ratusan masyarakat yang ikut naik di atas kendaraan tempur, seperti tank. Mereka terlihat bahagia mengibar-ngibarkan bendera melintas di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi), para petinggi negara, serta para petinggi TNI tentunya.

Ide itu datang dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Dia yang meminta agar masyarakat diajak serta naik di atas kendaraan tempur. Gatot ingin agar keinginan TNI dekat dan dicintai rakyat tergambar. Hal itu sejalan dengan tema HUT TNI ke-70, yaitu: ‘Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian’.

Tak hanya itu, para perwira, Bintara dan Tamtama terlihat berbaur menyatu dalam HUT TNI. Suasananya sangat menyejukkan.(yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *