Prof Andi Agustang : Apatisme Politik Melanda Masyarakat

Prof Andi Agustang (ist)
Prof Andi Agustang (ist)

Soppeng (Rakyat Bersatu)
Realitas politik saat ini menunjukkan masyarakat  dilanda apatisme politik. Indikator akan kenyataan itu, terbaca dari pilkada tingkat provinsi dan kabupaten serta kota yang menunjukkan semakin tingginya warga yang memilih jadi golongan putih.

Demikian penegasan Ketua Prodi S3 Sosiologi PPs-UNM, Prof.Dr.Andi Agustang, M.Si, saat tampil menjadi nara sumber pada Sosialisasi Pendidikan Politik di gelar Pemkab Soppeng, Selasa pagi, 25 Februari di Gedung Pola Kantor Bupati Soppeng di Watansoppeng.

Apatisme politik kurang lebih sama dengan kondisi masa bodoh masyarakat dengan kehidupan sosial politik di sekelilingnya. Hadirnya kondisi masa bodoh, tidak terlepas dari peran dan fungsi partai yang mengalami kegagalan selama ini.

“Partai politik yang seharusnya memberikan proses pembelajaran politik secara kontinyu kepada anggota partai, malah fungsi tersebut tidak dilakukan secara maksimal”  tandas Guru Besar Sosiologi Antropologi UNM ini.

Partai politik yang menjadi instrumen negara demokrasi, seharusnya tampil menjalankan fungsinya termasuk sosialisasi, partisipasi dan rekrutimen politik. Tetapi dalam kenyataan hal demikian terabaikan, kata doktor sosiologi PPs Universitas Padjajaran Bandung ini.

Justru elite partai bersaing secara internal untuk meraih kekuasaan politik. Kepentingan dan keperluan masyarakat, malah diabaikan dan kurang  diperhatikan. Memasuki  pemilu legislatif dan pilpres 2014, parpol seharusnya tampil memberi pembelajaran dan pendidikan politik beretika dan bermoral kepada para pemilih, tegas Ketua Dewan Editor Jurnal Ilmiah Dialektika Kontemporer PPs-UNM ini.

Sosialisai Pendidikan Politik ini dilaksanakan Pemkab Soppeng dengan peserta tokoh masyarakat, kepala desa serta aparat pemerintah lainnya.  Selama acara berlangsung tanya jawab antara peserta dengan nara sumber berlangsung cukup seru dan serius.(ym/rbc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *