Prof Dr H Quraish Shihab Kagum Melihat Kemajuan Bantaeng

Prof Dr H Quraish Shihab (ist)
Prof Dr H Quraish Shihab (ist)

Ahli Tafsir Asia Prof Dr H Quraish Shihab menyatakan kekagumannya saat melihat kemajuan Kabupaten Bantaeng yang sangat pesat.‘’Ketika masih berdomisili di Makassar, beberapa kali saya kesini maupun lewat. Tapi sekarang saya kaget benar karena perubahannya sangat drastis. Yang paling mengagetkan saya, suasana disekitar sini (Pantai Seruni). Lampu-lampunya, sama dengan di luar negeri,’’ tuturnya.

‘’Ini benar-benar berkah saya ke Bantaeng. Berkah lainnya, saya bertemu adik saya Alwi yang selama ini lebih sering di luar negeri. Kalaupun dia berada di Jakarta, tapi kami masing-masing sibuk. Dan, Alhamdulillah, di Bantaeng saya bisa bersama dan bermalam bersama serta makan enak,’’ ujarnya.

Khusus kedua saudaranya, yakni kakak sulung Prof Umar Shihab yang kini Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan adik bungsu Muthalib Shihab (anggota DPRD DKI), sebenarnya sempat telpon-telponan, namun mereka terlanjur punya agenda kegiatan lain.

‘’Tapi, Insya Allah, kami akan datang lagi. Saya sangat tertarik dengan suasana yang masih natural namun terlihat elit,’’ urainya usai sarapan di Marina Beach Hotel.

Sebelumnya, ketiga nokoh nasional yang bersaudara itu menikmati buah durian, dukuh, manggis dan rambutan di areal perkebunan Kacidu, milik Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah.

Kedatangan ketiga tokoh nasional tersebut diawali bakti sosial pembagian kacamata gratis oleh Dr dr Ahmad Nizar, anggota DPR RI. Disusul bedah buku tentang BPJS yang ditulis Dr dr Ahmad Nizar dan dipandu langsung presenter Metro TV Najwa Shihab.

Sementara itu, saat membawakan tauziah di depan ribuan jemaah zikir, Prof Dr Quraish Shihab menguraikan hadis tentang zikir yang menyebut, bila ada orang yang berzikir, malaikat akan turun dan mencatat agar Tuhan mengampuni dosanya dan menghilangkan kesulitannya.

Di dalam Al-Qur’an, ujarnya lagi, zikir disebut sebanyak 280 kali. Zikir artinya mengingat, merenung, dan menyebut.

Tentang agenda demokrasi di tanah air yang diawali Pemilihan Wakil Rakyat, ia mengatakan, hasilnya akan menjadi cerminan masyarakat. Karena itu, Quraish mengingatkan untuk tidak salah pilih.

‘’Orang berakal tak sekadar tau tapi harus banyak tau juga sebaliknya harus tau keburukan dan lebih banyak tentang sosok yang akan menjadi wakilnya,’’ jelas ahli tafsir itu.

Kepada para calon legislator, ia juga mengingatkan, bila belum terpilih jangan putus asa. Tetap berjuang dan yakinkan masyarakat Insya Allah akana berhasil.

‘’Jangan karena kalah kemudian menghasut dan membuat kekacauan. Bila ini terjadi, kita akan mundur. Karena itu, mari luruskan niat untuk satu tujuan yakni membangun bangsa.’’

‘’Jalan boleh berbeda, partai boleh beda, profesi boleh beda tapi tujuan harus sama membangun bangsa. Hormati pendapat orang lain agar kita tetap damai,’’ pintanya.(yd/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *