Program Berita Radio Peduli Terbaik di Sulsel

Taufan Pawe saat menerima penghargaan dari KPID Sulsel (ist)
Taufan Pawe saat menerima penghargaan dari KPID Sulsel (ist)

Parepare (rakyatbersatu.com)- Radio Peduli Parepare berhasil terpilih sebagai stasiun radio program siaran berita terbaik di Sulsel selama tahun 2015. Penghargaan ini diberikan  Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulsel pada malam anugerah KPID Sulsel Award 2015, di Maraja Ballroom Sahid Jaya Hotel, Sabtu, 12 Desember.

Radio yang mengudara di frekwens 96,9 FM ini berhasil mengalahkan beberapa stasiun radio penyiaran besar di Sulsel, termasuk TVRI lewat program siaran berita Seputar Parepare.  

Penghargaan dalam bentuk piala tersebut, diterima langsung Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Parepare, H Iwan Asaad dari Ketua KPID Sulsel, Alem Febry Soni.

Acara ini dihadiri Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe yang juga mendapat penghargaan sebagai tokoh penyiaran Sulsel, Wali Kota Makassar, Ramdhan Pomanto, Ketua DPRD Makassar Farouq M Betta, serta tokoh-tokoh  Sulsel yang selama ini konsen dan peduli pada penyiaran.

Ada tujuh kategori yang dilombakan dalam ajang KPID Awads tahun ini.  Ketujuh kategori tersebut adalah feature, hiburan, iklan layanan masyarakat, inspiring program, berita, talkshow dan tokoh penyiaran.

Beberapa program lembaga penyiaran swasta di Parepare juga berhasil masuk nominasi bersaing dengan stasiun Radio dan Televisi besar di Sulsel. Diantaranya Program Pacaritta Pare TV  Parepare dan Iklan Layanan Masyarakat Radio D’Carlos FM.

Ketua KPID Sulsel, Alem Febry Soni,  menjelaskan,  Sulsel merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang masih menyelenggarakan KPID Award sebagai ajang untuk menyeleksi dan mendorong lahirnya program-program penyiaran yang sehat di daerah.

Ia berharap, penghargaan yang diberikan kepada Radio Peduli dapat mendorong lembaga penyiaran lain di Sulsel untuk bersungguh-sungguh terus berusaha menyuguhkan siaran yang yang mendidik dan mengandung informasi bermanfaat, serta menghibur secara sehat dan menjadi media kontrol serta perekat sosial.

Kadis Kominfo Kota Parepare, H Iwan Asaad, mengatakan,  Radio Peduli menyabet penghargaan program berita radio terbaik dalam KPID Award tahun ini,  tidak terlepas dari kerja keras yang dilakukan krew  radio ini.

Pihaknya kata Iwan, tengah memaksimalkan keberadaan Radio Peduli sebagai media komunikasi masyarakat. Kominfo juga tengah mengembangkan program Radio Peduli lain sebagai program unggulan.  Salah satunya dialog Agama Islam dengan narasumber dengan topik bahasan berbeda.

Program ini dikerjasamakan dengan tiga lembaga yakni, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare, Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Parepare serta lembaga dakwah Kota Parepare.

“Antusias pendengar sangatlah tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya sms dan telepon yang masuk. Berdakwah lewat radio ternyata memiliki nilai lebih yang tidak didapatkan di media elektronik yang lain,” ungkap Iwan.

Selain kedua program tersebut, Radio Peduli juga menampilkan program dakwah Islamiyah lainnya antara pukul 05.00 hingga pukul 06.00 Wita,  serta program-program lain yang tak kalah pentingnya diinformasikan kepada masyarakat. (a.rahman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *