Proyek Kuliner Libatkan Masyarakar Lokal

proyek KulinerParepare.Rakyatbersatu.com – Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe, mengatakan, proyek kuliner Tonrangeng akan ditata sedemikian rupa, sehingga bisa menarik minat masyarakat luar Parepare berkunjung ke tempat tersebut.

Proyek ini akan membentang sepanjang Sungai Karajae kurang lebih 300 meter. Ini disampaikan Taufan di sela-sela kunjungannya ke lokasi proyek, Minggu, 9 November.

Turut serta mendampingi Taufan adalah Kepala Bappeda Parepare, H Zahrial Djafar, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Syamsuddin Taha serta pimpinan SKPD terkait.

Taufan menjelaskan, pusat kuliner Parepare akan mengutamakan kelebihan background view sungai dan muara Sungai Karajae.  “Di tengahnya rencana akan dibangun rumah terapung yang agak menjorok ke ketengah sungai,” kata Taufan.

Jika pembangunannya telah rampung, Taufan berencana melibatkan masyarakat lokal sekitar kasawan Tonrangeng, untuk berjualan di tempat tersebut. Mereka diberikan kesempatan menjual dagangannya, yang terdiri  dari penganan local, seperti onde-onde, cucur bayau dan lain sebagainya.

Bangunan  kuliner ini juga akan berfungsi sebagai dermaga olahraga Jetsky. Di dekat bangunan utama, rencananya dibuat tangga turun  ke sungai, untuk memudahkan warga yang ingin bermain Jetsky atau olahraga air lainnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Syamsuddin Taha, menjelaskan, proyek ini akan mulai dikerja tahun 2016 mendatang, dan diupayakan berfungsi paling lambat akhir 2016.

Untuk fisik bangunan, kata Syamsuddin, pihaknya memilih menggunakan bahan material kayu.   Utamanya kata dia, palang dan lantai yang akan  menggunakan kayu tahan air.  Begitu juga rangka bangunan rumah terapung, semua kata Syamsuddin, berbahan material kayu.(rahman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *