Pusat Jajanan dan Souvenir Hadir di Parepare

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe saat meninjau pusat jajanan (ist)
Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe saat meninjau pusat jajanan (ist)

Parepare (rakyatbersatu.com) – Pusat jajanan dan souvenir kerajinan khas laut kini hadir di Parepare, tepatnya di daerah Cempae, Kecamatan Soreang.  Pusat jajanan dan souvenir yang berhadapan dengan Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Parepare ini,  Kamis, 21 Januari diresmikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Parepare, Erna Taufan.

Erna Taufan yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, mengatakan, sebagai daerah tujuan Parepare membutuhkan pusat souvenir dan jajanan khas, yang memungkinkan masyarakat luar Parepare yang membutuhkan souvenir tidak lagi kesulitan mendapatkan oleh-oleh khas Parepare.

Erna Taufan juga berharap, pusat jajanan dan souvenir tersebut menjadi pusat pengembangan dan pemasaran kerajinan Parepare yang kini telah merambah pasar nasional.  Ia berjanji mengembangkan kasawan dimaksud, sehingga lebih menarik  dikunjungi  para pendatang.

Acara ini turut dihadiri para pedagang jajanan Cempae, serta pengerajin souvenir hasil laut yang tergabung dalam empat kelompok. Juga tampak Ketua Bhayangkari Kota Parepare dan perwakilan Persit Kartika Chandrakirana Kodim 1405 Malusetasi.

Ketua kelompok kejaninan souvenir laut Bunga Mekar, Hj Norma, mengaku senang dengan peresmian pusat jajanan dan souvenir tersebut. Ia berharap, hasil kerajinan yang mereka produksi bisa lebih terpasarkan dan mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Ashari Jaya Rasyid, salah satu instruktur kerajinan laut, mengatakan, kualitas produk souvenir yang mereka hasilkan tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia.  Kendala yang mereka hadapi adalah pemasaran produk yang diakui belum optimal.

“Beberapa kali produk kami diikutkan dalam pameran-pameran nasional dan diapresiasi oleh pemerintah pusat dan provinsi. Saat ini sudah ada pengusaha yang memasarkan hasil kerajinan yang dihasilkan oleh anggota, namun memang perlu lebih dioptimalkan,” kata Ashari.

Ditinjau Wali Kota

Sementara itu, Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe menyempatkan diri meninjau pusat jajanan dan souvenir dimaksud, Kamis, 21 Januari. Kunjungan ini dilakukan Taufan usai meresmikan layanan administrasi kependudukan berbasis Teknologi Informasi (Adminduk) di Kantor Dinas Kependudukan  dan Pencatatan Sipil Parepare.

Didampingi sejumlah pejabat eselon II, Taufan tampak menyambangi beberapa lapak dan stand yang menyajikan berbagai macam hasil kerajinan laut. Mulai dari kotak tempat  tisu, hingga lampu hias yang banyak menarik minat pengunjung.

Sebelumnya, di tempat yang sama beberapa waktu lalu Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe meresmikan rumah kemasan kerajinan laut Parepare. Rumah kemasan ini merupakan bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan, yang didanai melalui  CCD IFAD Roma.

Taufan menjelaskan, prakarsa pembangunan rumah kemasan Parepare, merupakan upaya pemerintah daerah mendorong terciptanya komoditas dan produk hasil kerajinan yang menarik, sehingga bisa memiliki daya jual dan daya saing dengan produk-produk serupa dari daerah lain di Indonesia.

Rumah kemasan Parepare ini dikerjasamakan dengan Tim Penggerak PKK Kota Parepare,  pimpinan Erna Taufan, guna memberikan keterampilan pengemasan produk kepada para nelayan yang tergabung dalam 19 kelompok.

Sementara untuk optimalisasi pemasarannya, Taufan menjelaskan, dilakukan melalui pelibatan Dekranasda Parepare yang juga diketuai ibu Erna Taufan.

“Rumah kemasan dapat pemberikan fasilitas untuk mendapatkan bahan kemasan yang baik serta mengupayakan pemasaran ke luar daerah dengan melibatkan Dekranasda,” terangnya kepada wartawan, usai menandatangani prasasti peresmian.

Taufan menyatakan keyakinannya, kehadiran rumah kemasan Parepare akan memberikan nilai tambah secara ekonomi pada daerah, serta meningkatkan kesejahteraan nelayan Parepare.

Ia pun berharap, daerah-daerah tetangga memanfaatkan rumah kemasan Parepare tersebut, untuk mengemas produk-produk mereka sehingga bisa lebih berdaya saing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *