Ramli Haba Jabat Wakil Rektor I Universitas Sawerigading

Dr H Muhammad Ramli Haba, SH, MH
Dr H Muhammad Ramli Haba, SH, MH

Makassar.RBC.- Pemimpin Umum Koran Kampus Warta Sawerigading yang juga mantan anggota DPRD Provinsi Sulsel dua periode Dr H Muhammad Ramli Haba, SH, MH, 1999-2009 dari Fraksi PAN,  Jumat, 13 Februari 2015,  telah menerima surat keputusan rektor atas pengangkatan dirinya selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik di Universitas  Sawerigading  (UNSA) Makassar. 

        Doktor ilmu hukum PPs-UNHAS ini, tidak pernah mengira sebelumnya jika akan diberi amanah  oleh rektor untuk jabatan tersebut. Karena politisi yang juga pengacara  ini  mengakui dalam sejarah jabatan yang pernah didapatkannya  selama ini,  tidak pernah diburu  apalagi sampai memintanya . Tapi  jika diserahi  amanah maka dirinya pasti akan menerimanya.

         Ramli Haba yang ditemui  di kampusnya, Jl. Kandea I Makassar,  Minggu 15 Februari 2015, mengakui baru saja menerima SK rektor atas pengangkatannya selaku pejabat kampus yang mulai hadir sejak 1943 ini. Dia  mengatakan, masih harus mendengarkan masukan dari pejabat sebelumnya maupun staf kampus. Setelah itu, seluruh masukan akan ditampung dan  menjadi bahan kajian  menyusun  agenda strategis yang akan dilaksanakan.

        Masalah mendasar dihadapi kampus saat ini, yakni kesiapan seluruh civitas akademika menghadapi akreditasi institusi. Borang akreditasi serta syarat administasi lainnya sedang dirampungkan.  Peningkatan kualitas sumber daya dosen jadi skala prioritas.

        Sesuai amanat UU Guru dan Dosen, seluruh dosen yang mengajar jenjang pendidikan S2. Sedikitnya 9 dosen sedang lanjut S3 di program pascasarjana Universitas Negeri Makassar, UNHAS serta UMI Makassar. Satu atau dua tahun ke depan dosen tersebut akan merampungkan studi dan kembali mengajar di kampus.

       Selain sumber daya dosen, kampus juga merencanakan membuka program pascasarjana untuk prodi ilmu hukum dan sosiologi. Berkas borang dan persyaratan lainnya sedang dibenahi dan dirampungkan. Dosen merupakan aset utama kampus, sehingga aset tersebut senantiasa dirawat dan ditingkatkan kualitasnya.

       Para dosen lewat lembaga penelitian kampus setiap saat didorong melakukan penelitian dan publikasi ada jurnal ilmiah. UNSA saat  ini mengelola dua jurnal ilmiah yakni, Administrare untuk ilmu admnistrasi Negara serta Jurnal Pendidikan Sawerigading.

       Ramli Haba awalnya meniti karier jadi dosen di Unismuh Makassar, pernah jadi Wakil Dekan III Unismuh Makassar sekitar tahun 1980-an. Magister hukum Unhas ini kemudian tekuni dunia advokat, era reformasi salah seorang deklarator PAN dan menjadi sekretaris pertama pimpinan wilayah PAN Sulsel ini. Sejak 2007 bergabung di UNSA menjadi dosen tetap yayasan.   (ym)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *