Realisasi Retribusi Daerah 2014 Lampaui Target

RAPAT EVALUASI – Suasana Rapat Evaluasi Penerimaan Retribusi Daerah dan Pendapatan Daerah lainnya serta Pengelolaan Barang-Barang Berharga Triwulan Ke IV Tahun 2014, di Ruang Rapat Staf Dinas Pendapatan Daerah Sulsel, Jumat (30/1/2015). Rapat dihadiri seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pengelola pendapatan daerah lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.
RAPAT EVALUASI – Suasana Rapat Evaluasi Penerimaan Retribusi Daerah dan Pendapatan Daerah lainnya serta Pengelolaan Barang-Barang Berharga Triwulan Ke IV Tahun 2014, di Ruang Rapat Staf Dinas Pendapatan Daerah Sulsel, Jumat (30/1/2015). Rapat dihadiri seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pengelola pendapatan daerah lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Makassar.RBC. – Realisasi penerimaan retribusi daerah atas pelayanan kesehatan yang dikelola tujuh SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2014 mencapai Rp 65.588.807.737. Atau mencapai 132,73 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp 49.416.500.000. Retribusi daerah tersebut berasal dari tujuh SKPD pengelola pelayanan kesehatan.

Hal tersebut terungkap pada Rapat Evaluasi Penerimaan Retribusi Daerah dan Pendapatan Daerah lainnya serta Pengelolaan Barang-Barang Berharga triwulan Ke IV Tahun 2014, di ruang rapat Staf Dipenda Sulsel, Jumat (30/1/2015).

Rapat yang dihadiri seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pengelola pendapatan daerah lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan itu dipimpin Kepala Bidang Retribusi dan Pendapatan Daerah Lainnya Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Provinsi Sulawesi Selatan, A.M.Reza Saiby, SH.

Salah satu penyebab tingginya penerimaan di sektor pelayanan kesehatan ini menurut Andi Reza, karena besarnya animo masyarakat memanfaatkan jasa pelayanan kesehatan pada rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Sedangkan retribusi tera/ tera ulang yang dikelola oleh UPTD Metrologi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan merealisasikan penerimaan 92,27 persen dari target.

Dijelaskan pula, retribusi pelayanan pendidikan merealisasikan penerimaan sebesar 86,12 persen dari target. Retribusi pelayanan pendidikan ini dikelola oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sulawesi Selatan dan UPTD Akper Anging Mammiri.

Dikatakan, jika retribusi jasa pelayanan kesehatan melampaui target penerimaan, lain halnya dengan retribusi jasa usaha yang hanya mampu merealisasi penerimaan hingga triwulan empat sebesar 82,87 persen dari target.

Retribusi jasa usaha ini terdiri atas retribusi pemakaian kekayaan daerah yang dikelola 34 SKPD / unit pengelola pendapatan mereliasasikan penerimaan sebesar 76,68 persen, retribusi pelayanan kepelabuhanan terealisasi sebesar 84,03 persen. Sedangkan retribusi penjualan produksi usaha daerah yang dikelola tujuh SKPD merealisasikan penerimaan 107 persen dan retribusi tempat rekreasi dan olah raga yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Dinas Olah Raga dan Pemuda mampu merealisasikan 101,45 persen.

Dikatakan, retribusi perizinan tertentu hingga akhir triwulan keempat tahun 2014 mampu merealisasikan penerimaan sebesar 57,18 persen. Retribusi ini terdiri dari izin trayek yang dikelola oleh Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informatika serta dapat merealisasikan 56,44 persen. Sedangkan retribusi izin usaha perikanan yang dikelola oleh Dinas Kelautan dan Perikanan merealisasikan penerimaan sebesar 88,44 persen dari target.

Dijelaskan juga bahwa SKPD pengelola yang melampaui target penerimaan telah diberi penghargaan oleh Gubernur Sulawesi Selatan sebagai apresiasi atas prestasi mereka.(rus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *