Rio Sidik Quintet Ingin Lebih Membumi

rio LAZIMNYA sebuah band, lebih dulu terkenal di negeri sendiri baru go international. Tapi, hal itu tak berlaku bagi  Rio Sidik Quintet (RSQ). Grup Jazz yang digawangi Rio Sidik (vocal & trumpet), Ito Kurdhi (bass), Eman (keyboard/piano), Jeko Fauzi (gitar), Eddy Siswanto (drumset) ini lebih terkenal di luar negeri tapi kurang membumi di negeri sendiri.

“Tapi, memanfaatkan momentum album kedua  bertajuk Sound of the Mystical Vibe yang dikemas dalam format DVD, kami ingin lebih membumi di tanah air. Caranya, band kami siap lebih sering stay di Jakarta dan bolak-balik ke Bali. Sementara warna musik yang RSQ  tawarkan lebih warna-warni atau lebih Soft Jazz dan lebih easy listening,” papar Rio Sidik kepada  RB.Com selepas merampungkan rekaman Audio & Video Live Recording album terbarunya di Ican Studio – Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Menurut vokalis, pemain Trumpet handal dan pencipta lagu  kelahiran Surabaya, 13 Juli 1978 ini, apresiasi penikmat musik Jazz di luar negeri yang luar biasa menjadikan bandnya banyak melakukan tur musim panas  berkala ke luar negeri. Mulai di Afrika, Korea, Malaysia, Singapura, Australia, Portugal, Spanyol, Belanda hingga Rusia. “Lagu-lagu yang saya ciptakan saat tur dan mainkan di panggung Jazz luar negeri itulah, yang menjadi materi utama album kedua  RSQ yang segera dirilis. Diantaranya  lagu berjudul Moscow, Barcaloneta yang saya tulis salat Traveling ke Eropa setiap tahun,” terang Rio Sidik yang kini bermukim di Bali itu.

Tentang strategi lain yang bakal diterapkan, agar album keduanya    dan RSQ band lebih membumi, penyanyi dan musisi yang pernah berkolaborasi dengan  Indra Lesmana merampungkan album  Reborn tahun 2000 serta tampil bersama Bubi Chen dan Erwin Gutawa Orchestra ini, menunjuk warna musik pengiring 10 lagu album berunya yang lebih warna warni. “Bagi saya Jazz itu Freedom. Karenana di alabum baru kami, ada Jazz tulen, ada yang bernuansa lebih nge-pop, Jazz Rock. Pokoknya macam-macam yang cukup menggambarkan proses hidup dan babakan karir saya dalam bermusik,” ujar Rio Sidik yang bersama Quintet-nya terakhir berkolaborasi dengan  Maurice Brown dan Incognito dalam Bali Live International Jazz Festival 2014 lalu.

Adapun 10 lagu dalam album Sound of the Mystical Vibe  meliputi –  Barceloneta, Too Much to Forget, Whisper from God, Kesari, Autumn in Moscow, Tak Bisa Mendua, Andai, On My Scooter, Hope and, Love, Make Somebody Happy. * (naskah dan foto – ata)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *