Rossi Kena Sanksi, Buka Peluang Lorenzo Juara Dunia

Aksi para rider Yamaha dan Honda (ist)
Aksi para rider Yamaha dan Honda (ist)

Sepang (rakyabersatu.com) – Race Direction akhirnya menyatakan rider Movistar Yamaha Valentino Rossi bersalah dalam insiden yang terjadi sirkuit Sepang Malaysia, Minggu (25/10/2015).

Atas ulah berbahaya yang dilakukan Rossi terhadap Marc Marquez, Rossi terpaksa harus star di posisi terakhir MotoGP Valencia yang dihelat 8 November 2015 mendatang. Kondisi yang tidak menguntungkan bagi Rossi ini, membuat rekan setimnya Jorge Lorenzo berpeluang besar untuk merengkuh juara dunia musim balap tahun 2015 ini.

Race Director MotoGP Mike Webb menyebut Valentino Rossi mendapat sanksi karena ia melakukan manuver yang menyalahi peraturan sehingga membuat Marc Marquez crash.

“Valentino bereaksi terhadap apa yang ia anggap sebagai provokasi dari Marquez dan sayangnya reaksinya merupakan sebuah manuver yang menyalahi peraturan. Itu merupakan cara melaju tak bertanggung jawab yang membuat adanya sebuah crash. Kami percaya kontak yang ada memang disengaja. Ia (Rossi) bilang tak mau Marquez crash, tapi ia memang hendak mendorongnya agak melebar,” ungkap Webb.

Race Direction dalam pernyataan yang dikabarkan akun Twitter resmi MotoGP tersebut juga mengganjar tiga poin penalti untuk Rossi.

Sistem poin penalti itu sendiri dipergunakan MotoGP sebagai jawaban untuk mengantisipasi kelakuan negatif pembalap, semisal membahayakan rider lain. Jumlah poin penalti berkisar antara satu sampai sepuluh, dengan sanksi diterapkan pada batas tertentu. Sebelumnya Rossi juga kena finalti satu poin ketika dikualifikasi MotoGP San Marino. Dengan akumulasi poin finalti itu Rossi harus star di grid paling buntut.

Sementara itu Jorge Lorenzo menyebut Valentino Rossi harusnya mendapat hukuman lebih berat terkait insiden yang melibatkan Marc Marquez dalam MotoGP Malaysia.

“Valentino paling tidak harusnya mendapat poin sama dengan Marc. Ia (Marc) tidak bisa menyelesaikan balapan dan mendapat nol poin, jadi Valentino harusnya mendapat hal serupa,” kata Lorenzo. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *