S2 IPS PPs-UNM Gelar Workshop Kompetensi Guru

Prof.Dr.Darman Manda, M.Hum
Prof.Dr.Darman Manda, M.Hum

Sedikitnya 100 guru dan mahasiswa menjadi peserta workshop pendidikan, sehari Minggu, 29 Desember 2013 di lantai V Gedung PPs-UNM Gunungsari. Kegiatan itu  bertema Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Guru Bidang Studi IPS dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berbasis Kearifan Lokal.
Demikian dilaporkan ketua panitia, Prof.Dr.Darman Manda, M.Hum di Makassar pada acara pembukaan, Minggu, 29 Dsember 2013.

Nara sumber dalam pelatihan menghadirkan tiga pakar pada bidang masing-masing. Direktur PPs-UNM, Prof.Dr.Jasruddin Daud Malago, M.Si dengan makalah, Telaah Kurikulum 2013 Berbasis Kearifan Lokal. Dekan FIS UNM, Prof.Dr.Hasnawi Haris, M.Hum dengan materi, Kurikulum 2013 dan Pendidikan Berbasis Karakter serta pakar pendidikan, Dr.Syarifuddin, S.Pd, M.Pd dengan materi, Pengembangan Kurikulum 2013 IPS, Kompetensi dan Profesionalisme.

Kadis Pendidikan Kota Makassar, Drs.H.Mahmud, BM, M.Pd. Dalam sambutannya dikatakan, kegiatan yang dilaksanakan S2 PPs-UNM, merupakan upaya cerdas sangat dibutuhkan para guru agar mampu setiap saat meningkatkan kualitas dalam proses pembelajaran.

Proses pendidikan pada semua tingkatan, kurikulum menjadi jantungnya pendidikan. Kurikulum yang baik dan benar akan sangat menentukan keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran.

Direktur PPs-UNM, Prof.Dr.Jasruddin, M.Si, dalam materinya mengatakan, peningkatan kompetensi, harus terukur dan dapat dievaluasi. Workshop akan sia-sia atau laksana membuang garam di laut, kalau hasilnya tidak dapat terukur serta tidak dapat dievaluasi, tandas Guru Besar Fisika UNM ini.

Negara yang maju tandas doktor fisika PPs-ITB ini, bukan karena sumber daya alam melimpah, tetapi memiliki sumber daya manusia yang unggul, tandasnya.(ym/rbc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *