SBY Terima Royalty Rp. 16,6 Juta dari KCI

 

Komposer SBY Ketika menerima royalty dari KCI
Komposer SBY Ketika menerima royalty dari KCI

Lagu-lagu karya pencipta lagu  dan komposer Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ternyata cukup sering diputar di panggung pertunjukkan, televisi, rumah karaoke, hotel, restoran dan tempat hiburan lainnya. Hal itu terungkap setelah pencipta lagu dan penyanyi yang juga Presiden RI ke-6 tersebut menirima royalty atas hak mengumumkan (performing right) dari Karya Cipta Indonesia (KCI) – sebagai Lembaga Manajemen Kolektif pertama dan terpercaya di Indonesia sebesar Rp. 16, 6 juta.

“Royalty sebesar Rp. 16,6 juta setelah dipotong pajak pendapatan yang diserahkan KCi tepat pada ulang tahun Pak SBY ke-65 pada 9 September 2014 lalu  bukanlah bukan merupakan gratifikasi,. Tetapi  merupakan hak  beliau selaku pencipta lagu (komposer)  yang dibayarkan  para User atau  pengguna karya-karya beliau seperti televisi, radio, pengelola panggung hiburan, hotel dan restoran, rumah karaoke, selama tiga tahun berjalan,” ujar Drs. Dharma Oratmangun  – Ketua Umum KCI kepada RB.Com di kantornya ITC Fatmawati – Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Dharma yang ketika menyerahkan royalty  kepada SBY didampingi Ibu Ani Yudhoyono bersama pengurus inti KCI antara lain Adriyadie (Legendaris Pencipta Lagu Widuri/Bendahara KCI), Franky Raden PHD (ethno musikolog),  serta Bunda  Lolita Zusye –  Produser/Penggagas Album perdana  SBY dengan lagu andalannya “Cintaku Padamu” menambahkan, royalty akan diberikan KCI seumur hidup kepada  seluruh pencipta lagu – termasuk Pak SBY yang memberi kuasa kepada  KCI       “Bahkan apabila si pencipta lagu wafat, royalty tetap akan diberikan kepada ahli warisnya sepanjang 70 tahun terhitung sejak si pencipta lagu wafat. Hal ini  sesuai amanat Undang-Undang tenatang Hak Cipta yang disahkan oleh DPRRI pada 16 september 2014 lalu,” jamin Dharma seraya mengungkapkan sebagai  Pencipta Lagu  sekaligus Presiden RI. SBY menyampaikan apresiasi  setinggi-tingginya  kepada KCI  yang  konsekwen melaksanakan amanat Undang-Undang Hak Cipta di Indonesia. “Eksistensi  KCI sebagai wadah yang tepat untuk menghimpun royalty para pencipta lagu di Indonesia. Belaiu mengharapkan dimasa-masa mendatang akan lebih baik kinerjanya di blantika musik Indonesia serta juga di dunia internasional,” harap SBY seperti dituturkan Dharma Oratmangun.

KCI ‘Karya Cipta Indonesia’ merupakan LMKI (Lembaga Manajemen Kolektif ) yang pertama dan terpercaya di Indonesia, didirikan oleh Para Tokoh Pencipta Lagu serta Para Pemerhati dan Pencinta Musik lainnya, DPR serta Pemerintah pada saat itu, yakni antara lain : H.Enteng Tanamal, Titiek Puspa, A.Riyanto, Guruh Sukarno Putra, Candra Darusman, Dimas Wahab, Tubagus Sadikin Zuchra, Paul Hutabarat, Bambang Kesowo, Wolter Simanjuntak, Hidayat serta Organisasi PAPPRI (Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia. * (naskah – ata  foto/ist)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *