Sejumlah Lurah dan Komunitas Seni Berdiskusi Kota Hijau

20151217_103406 diskusiJeneponto, (rakyatbersatu.com)- Sejumlah Lurah dan Komunitas Seni mengikuti Diskusi Visi dan Aspirasi Kota Hijau yang dilaksanakan Tim Swakelolah P2KH(Program Pengembangan Kota Hijau) di Hotel Sari Jeneponto Kamis,16/12-2015.

Asikin ST,MT Sakker PKP2B Provinsi Silawesi Selatan ketika membuka diskusi tersebut antara lain mengatakan bahwa pengembangan kota hijau bukan sekedar hijau tapi ada target yang diinginkan, diantaranya sebuah kota yang betul-betul hijau ditinjau dari segi lingkungan.

Sebagaimana diamanatkan oleh Undang Undang Nomor : 26 Tahun 2007 , bahwa pemerintah harus memberikan penyedian dan pemanfaatan ruang terbuka hijau, rencana penyedian dan pemamfaatan ruang terbuka non hijau non rencana penyediaan dan pemamfaatan prasarana dan sarana jaringan pejalan.kaki, angkutan umum, kegiatan sektor informal dan ruang evakuasi bencana yang  dibutuhkan untuk menjalankan fungsi wilayah kota sebagai pusat pelayanan sosial ekonomi dan pusat pertumbuhan wilayah

Merujuk  pada undang undang tersebut, kata Asikin, maka tentu pemerintahkabupaten /kota merupakan wajib untuk menyediakan ruangn terbuka hijau itu, selain sebagai keindahan kota juga merupakan amanah pemerintah pusat.

Ketua panitia  pelaksana diskusi, Asmiati ,ST menyampaikan bahwa diskusi ini merupakan angkatan ke IV dengan melibatkan  para lurah dan komutis Seni dan  kumunita pers  berjumlahn 25 orang. Sedangkan pemateri masing-masing DR.Agus Salim dengan materi Kota Hijau ditinjau dari sudut pandang Akademis.

Sementara pemateri  Drs.H.Malikul Hakkul Mubin mengangkat tema Kota Hijau ditinjau dari  sudut Islam, sedangkan Muhammad Rais memaparkan pentingnya peranan masyarakat untuk menjaga kelestatian lingkungan,Pemateri Pattahinndi dari pemerhati seni kota hijau, mambawakan materi Kota Hijau  dari sudut pandang seni.

Setelah diskusi, para peserta diharapkan memberi masukan tentang bagaimana kota hijau itu yang dibutuhkan Kabupaten Jeneponto. Ini dimaksudkan untuk membuat  visi dan misi  kota hijau Jeneponto. Masukan dari berbagai elemen masyarakat tentu menjadi wahana bagi pemerintah didalam penetapan kota hijau dapat diterima seluruh masyarakat Jeneponto dan dimaafaaykan sebesar-besarnya masyarakat. (lade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *