Setya Novanto Mengundurkan Diri

Setya Novanto (ist)
Setya Novanto (ist)

Jakarta (rakyatbersatu.com)- Kasus “Papa Minta Saham” yang diduga melibatkan Ketua DPR RI Setya Novanto akhirnya mencapai titik klimaks. Setya Novanto menyatakan mundur dari kursi pimpinan DPR RI melalui surat yang dikirimkan kepada MKD DPR RI, Rabu (15/12/2015).

Kabar mundurnya Setya Novanto itu disampaikan anggota MKD Sukiman kepada sejumlah wartawan di Gedung DPR. “Surat pengunduran diri Pak Setya Novanto sudah diterima oleh MKD, dan segera dibacakan, ” kata¬†Sukiman.

Dalam surat pengunduran tersebut, Setya Novanto tetap kukuh menyebut dirinya tidak bersalah.Lankah mundur dilakukan hanya untuk menjaga harkat dan martabat DPR RI.

Berikut surat pengunduran diri Setya Novanto:

Perihal: Pernyataan Pengunduran Diri Sebagai Ketua DPR RI
Jakarta 16 Desember 2015
Kepada Yth Pimpinan DPR RI di Jakarta

Sehubungan dengan perkembangan penanganan dugaan pelanggaran etika yang sedang berlangsung di Mahkamah Kehormatan Dewan maka untuk menjaga harkat dan martabat serta kehormatan lembaga DPR RI serta demi menciptakan ketenangan masyarakat maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua DPR RI periode keanggotaan 2014-2019.

Demikian pernyataan pengunduran diri ini saya buat dengan tulus. Semoga bermanfaat demi kepentingan bangsa, negara, dan rakyat Indonesia.

Hormat Saya
(tanda tangan di atas materai)

Drs Setya Novanto Akt.
Nomor Anggota A-300
MKD Sepakat
Dalam sidang terakhir MKD, semua anggota MKD sepakat meyatakan bahwa Setya Novanto telah melakukan pelanggaran kode etik Untu itu, MKD meminta Setya Novanto untuk mengundurkan diri.

Pembacaan putusan itu berlangsung terbuka di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (16/12/2015). Sebanyak 17 orang anggota sudah membacakan putusan. Sanksi sedang adalah pencopotan dari posisi Ketua DPR. Sementara itu, sanksi berat merupakan pemberhentian dari anggota DPR, namun harus
terlebih dahulu membentuk panel. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *