Soal Akreditasi : Perlu Sinergitas Kopertis dan APTISI

Ketua Kopertis Prof. Dr. Ir. Hj. Andi Niartiningsih, MP saat menghadiri Pekan Pendidikan di Manado (foto wahab)
Ketua Kopertis Prof. Dr. Ir. Hj. Andi Niartiningsih, MP saat menghadiri Pekan Pendidikan di Manado (foto wahab)

Koordinator Kopertis  Wilayah IX Sulawesi, Prof. Dr. Ir. Hj. Andi Niartiningsih, MP, menyebutkan untuk menuntaskan program studi  yang belum terakreditasi pada sejumlah perguruan tinggi swasta khususnya lingkup Kopertis Wilayah IX Sulawesi  pada Agustus  2014, maka diperlukan sinergitas antara Kopertis dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta  Indonesia (APTISI) Wilayah IX-A Sulawesi.

Sinergitas yang  dilakukan Kopertis dengan  APTISI untuk mengoptimalkan masing – masing unit penjaminan mutu (UPM) pada setiap perguruan tinggi.  Baik melalui pelatihan, serta pembimbingan dalam penyusunan borang.  Jika sinergi ini bisa berjalan dengan baik ,maka sangat yakin masalah akreditasi institusi maupun prodi dapat dituntaskan hingga 2014 nanti.

Dikatakan Niartiningsih, akreditasi  institusi dan prodi pada 2014, suka atau tidak suka harus diterima, karena  UU No.12 Tahun 2012 yang merupakan payung hukum PT telah mengatur demikian. Dimana di dalam salah satu pasalnya, menyebutkan,   program  studi maupun institusi yang tidak memiliki akreditasi  tidak diperbolehkan mengeluarkan ijazah dan ini tidak adalagi tawar menawar dari Dirjen Dikti. Tapi melihat optimisme para pengelola pendidikan masalah akreditasi ini bisa teratasi.

“ Kami yakin setiap perguruan tinggi akan berusaha memenuhi persyaratan ini. Akreditasi ini sangat perlu bahkan wajib hukumnya bagi sebuah lembaga perguruan tinggi. Dengan  akreditasi  sebuah institusi menunjukkan kalau perguruan tinggi tersebut layak atau dapat menyelenggarakan  proses pendidikan,  sekaligus bagian dari standarisasi institusi,”kata Andi  Niartningsih .

Ketua APTISI Wilayah IX-A Sulawesi, , Prof. Dr. H.  Hambali Thalib, SH., MH, sependapat dengan Koordinator Kopertis  IX  Sulawesi, Prof. Dr.  H.  Andi Niartiningsih, MP, bahwa menuntaskan masalah akreditasi institusi maupun prodi diperlukan adanya sinergitas Kopertis dengan APTISI untuk bersama – sama menemukan solusinya apakah itu dengan melalui pelatihan atau pendampingan.

Disamping itu guru besar  UMI  ini juga berharap selain kerjasama  yang dibangun antara Kopertis dengan  APTISI  juga adanya kebijakan dar ipemerintah. Karena kalau tidak ada kebijakan  yang sedikit meringankan maka hampir pasti tahun 2014 nanti PTS dalam bayang –bayangan jaman akreditasi. (ulla/yd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *