Sosiologi Universitas Sawerigading Terakreditasi B

Prof.Dr.A.Siti Melantik Rompegading, SH, MH
Prof.Dr.A.Siti Melantik Rompegading, SH, MH

Prodi ilmu sosiologi terakreditasi peringkat B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai 313. Surat keputusan dari BAN-PT, bernomor 232/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013, ditandatangani Ketua BAN-PT, Mansyur Ramly, tertanggal 15 Nopember 2013, diterima di kampus, Jumat 20 Desember 2013. Nilai itu disambut dengan senang hati seluruh civitas akademika kampus. Demikian ditegaskan Rektor Universitas Sawerigading Makassar, Prof.Dr.A.Siti Melantik Rompegading, SH, MH di kampus, Sabtu (21/12).

Dijelaskan, dalam SK tersebut, nilai dan peringkat akreditasi berlaku sejak 15 November 2013 sampai dengan 15 Nopember 2018. Nilai diperoleh sosiologi, termasuk paling tinggi di antara empat prodi dengan peringkat B. Pada SK itu, hanya 9 prodi yang menjadi lampiran dari keputusan BAN-PT.

Turunnya peringkat dan nilai itu, setelah sebelumnya 18-19 Oktober 2013, dua tim asesor BAN-PT, yakni Dr.Soebagyo Adam, MS dari Universitas Airlangga serta Dr.Azwar, M.Si dari Universitas Andalas Padang, datang ke kampus melakukan visitasi sekaligus mengamati dari dekat sarana dan prasara dimiliki kampus, kurikulum serta sumber daya dosen yang dimiliki, tegas Guru Besar Pertama Ilmu Hukum Universitas Sawerigading Makasssar ini.

Prodi sosiologi memiliki sumber daya dosen cukup berkualitas, satu orang doktor sosiologi dari Univeritas Airlangga, tiga dosen sedang merampungkan stusi S3 Sosiologi di PPs-UNM, diprediksi dua tahun ke depan dosen tersebut akan segera merampungkan studi, dan memperkuat sumber daya dosen dalam proses pembelajaran, ungkap salah seoang putri dari mantan Bupati Luwu, Andi Rompegading ini.

Selain sosiologi, prodi hukum juga sebelumnya telah meraih peringkat akreditasi B. Perolehan peringkat B pada dua prodi itu, membuka jalan bagi civitas akademika untuk segera mempersiapkan berkas administrasi merintis pembukaan S2 Hukum dan Sosiologi.

Prodi lainnya sedang ditunggu peringkat dan nilainya dari BAN-PT adalah, administrasi negara dan sastera. UNSA membina Fakultas Hukum, Sosial dan Politik, Sastera, Tehnik serta FKIP. Civitas akademika sedang merinsit membuka fakultas baru yakni, ekonomi dan menambah prodi ilmu pendidikan, tandasnya.(ym)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *