Sri Wahyuni Meniti Jalan Jadi Penyiar Profesional

Sri Wahyuni
Sri Wahyuni

Sri Wahyuni, sering disapa Uny lahir di Sinjai tanggal 23 Maret 1993. Anak sulung dari pasangan Muslimin dan Hermawati ini bercita-cita menjadi pisikolog. Waktu kemudian membelokkan impiannya itu, karena diterima kuliah Fakultas Dakwah dan Komunikasi prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) UIN Alauddin Makassar.

Uny yang hoby dunia penyiaran, kini sedang meniti jalan menuju penyiar profesional, dengan menjadi salah seorang penyiar di radio kampus, Syiar 107,1 FM. Hoby yang lain memasak dan browsing. Dia menempuh jenjang pendidikan di TK Pertiwi VIII (1999), kemudian lanjut SDN 92 Sinjai Timur(2005), SMPN 2 Sinjai Timur(2008), SMAN 1 Sinjai Utara(2011.

“Berbuat sedikit itu jauh lebih baik daripada tidak sama sekali” adalah motto hidupnya. Uny yang menyukai warna pink dan hitam ini senang dengan dunia komunikasi, segala sesuatu yang berbau IT, entertent, broadcast juga jurnalistik. Baginya, orang yang kerja di media itu adalah orang-orang yang smart dan cool. Meskipun KPI bukan merupakan pilihannya sejak awal namun hal itu tidak menjadi problem. Karena ternyata jurusan ini mampu mengubah mindsetnya untuk tidak picik memaknai sebuah prospek kerja ke depan.

Mahasiswa KPI yang tinggal di BTN Samata Permai Blok D1/6 ini, kini menjadi salah seorang penyiar di Radio Syiar 107,1 FM. Ia bergabung di Syiar FM sejak awal 2013. Kendati tahun 2012 gagal menjadi kru Syiar, namun tidak menyurutkan semangatnya untuk menjadi penyiar dan mendaftar di rekrutmen Syiar.

Baginya mengaplikasikan teori yang di dapat di bangku perkuliahan adalah hal yang harus dijalani. Sehingga, ia tidak terlalu mendapat kesulitan saat bergabung di Syiar FM karena ia telah mendapati mata kuliah tentang penyiaran radio.

Kendati sekarang ia menjadi penyiar di radio Syiar FM, ia masih bisa mengatur kuliahnya, karena jadwal siarannya ditentukan di luar jadwal perkuliahan. Selain itu, Uny juga masih bisa aktif sebagai Sekretaris MHJ KPI 2013, Koordinator. Bidang Teknologi dan Informasi UKM PRAMUKA 2013 dan Staf Redaksi Writing I-BRAND .

Harapannya kedepan, dengan menjadi penyiar Syiar FM, ia bisa menjadi penyiar profesional. Dan baginya itu adalah langkah awal untuk berkiprah di dunia kepenyiaran. Karena tak bisa dipungkiri, lulusan KPI atau alumni Syiar FM lebih mudah diterima di instansi penyiaran berdasarkan pengalaman dan bidangnya. (wafa nursiham-yahya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *