STIE AMKOP Makassar Miliki Laboratorium Industri Kreatif

Sofyan Hamid, SE, MM
Sofyan Hamid, SE, MM

Makassar. Sejak November 2014 hadir di kampus lembaga baru, Inkubator Bisnis dan Wirausaha. Wadah ini kelak menjadi laboratorium guna  mengembangkan industri kreatif di kalangan mahasiswa dan generasi muda. Demikian ditegaskan Direktur  Inkubator Bisnis dan Wirausaha STIE AMKOP Makassar, Sofyan Hamid, SE, MM, Minggu, 7 Desember 2014 di Makassar.

Dijelaskan, lembaga baru itu menyiapkan tenaga konsultan pendamping bagi para wirausaha muda yang ingin memulai usaha. Strategi memulai bisnis serta peluang membangun usaha akan dicarikan solusinya,  dari tenaga konsultan berpengalaman dan kalangan akademisi kampus, tandas Wakil Ketua III STIE AMKOP Makassar ini.

Kehadiran institusi itu, secara langsung akan membangkitkan dan menghidupkan usaha kecil menegah dan koperasi. Bagi mahasiswa dan civitas akademika lainnya dijadikan semacam laboratorium melakukan penelitian dan eksperimen agar mampu menghasilkan luaran berkualitas dan berdaya saing, ungkap mantan Ketua KPU Sinjai periode 2003-2013 ini.

Sumber daya tenaga konsultan,  tidak jadi masalah karena  puluhan dosen  dengan latar pendidikan magister dan doktor siap memberi bantuan. Belum lagi kampus juga diberi amanah oleh negara menyelenggarakan program S2 Manajemen,  kata magister manajemen PPs-UMI Makassar ini.

Walau usia lembaga tergolong relatif muda, tetapi kerjasama dengan Kementerian Koperasi di masa menteri Syarif Hasan, telah ditandatangai. Institusi ini termasuk salah satu  di internal Kopertis Wilayah IX Sulawesi pernah diberi amanah jadi inkubator bisnis dan wirausaha, tandas mantan aktivis mahasiswa di masanya ini.

Akhir November 2014 menggelar workshop kewirausahaan diikuti 50 peserta mahasiswa kerjasama dengan instansi lainnya. Saat ini sedang dipersiapkan kerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Tertinggal dan Transmigrasi, membangkitkan dan menggairahkan koperasi dan wirausaha muda di desa, tegas mantan Sekretaris Himpunan Mahasiswa Pancasila wilayah Sulsel ini.  (ym)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *