STIE PI Makassar, Pencetak Enterpreneur Sejati

 Drs Andi Baharuddin, M.Pd (ist)
Drs Andi Baharuddin, M.Pd (ist)

Makassar (rakyatbersatu.com) – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Indonesia (STIE IP) Makassar kini semakin gencar mencetak enterpreneur sejati melalui berbagai bidang ilmu ekonomi.

Kampus  ini membina mahasiswa sebanyak 400 orang, diajar oleh dosen berpengalaman dan berpendidikan minimal S2 dan S3.“Mahasiswa yang kuliah di tidak hanya dituntut menguasai ilmu secara teori, tapi juga prakteknya,” ujar  Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Indonesia (STIE IP) Makassar  Drs Andi Baharuddin, M.Pd

 Dijelaskan, kesempatan  jadi PNS semakin sangat sulit. Hal tersebut, karena formasi tersedia sangat terbatas, sedangkan alumni perguruan tinggi setiap tahun melonjak tajam.

“Agar alumni kampus tidak menjadi beban pemerintah, maka mahasiswa dituntut untuk menjadi  enterprenur muda sejai yang bisa menciptakan peluang usaha dan mampu menyerap lebih banyak  tenaga kerja,” tegas pria kelahiran  Salomekko Bone Selatan ini.

Membina mahasiswa  jadi entrepreneur muda, tidaklah begitu sulit, yang penting ada kemauan. Sebab mahasiswa di kampus diajarkan ilmu ekonomi oleh dosen  berpengalaman secara teori  maupun praktik.

“Kalau orangg tua kita dulu tidak mengenyam pendidikan, mereka mampu mendirikan usaha besar, kenapa sarjana STIE IP yang sudah dibekali ilmu bisnis tak mampu,” ujar  magister pendidikan ekonomi PPs-UNM ini.

 STIE IP dibina sebanyak 12 orang dosen tetap, 2 orang dosen DPK dan beberapa orang  dosen luar biasa. Penguasaan ilmu bisnis, mahasiswa melakukan Praktek Kerja Lapang di berbagai perusahaan, seperti PT Timu Rama.

“Menjelang akhir studi, mahasiswa dituntut  melakukan Kuliah Kerja Lapang (KKL) di Jawa dan Bali,” ungkap sarjana administrasi negara FISIP UNHAS ini.

Tujuan mahasiswa diajak  melakukan praktek di perusaahaan,  agar mereka bisa belajar dari para pengusaha besar  tentang cara merintis dan  membangun sebuah usaha dari kecil-kecilan hingga jadi besar.  

” Seorang sarjana ekonomi, tentu mereka tahu,kalau usahanya macet atau bangkrut, tentu ada ilmu pamungkas yang pernah diberikn oleh dosen, sehingga dengan jatuh bangun sebuah usaha, diharapkan pada akhirnya bisa menjadi pengusaha besar,” tandasnya. (tika-yahya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *