STKIP Muhammadiyah Bulukumba Menuju Universitas

Drs Jumase Basra, M.Si
Drs Jumase Basra, M.Si

Bulukumba (rakyatbersatu.com) Manajemen STKIP Muhammadiyah Bulukumba saat ini sibuk untuk  mempersiapkan diri  melangkah lebih maju  mengubah status STKIP  dari sekolah tinggi  menjadi universtas Muhammadiyah Bulukumba. Mewujudkannya kampus ini menjadi universitas, maka sesuai ketentuan minimal memiliki sepuluh program studi. Itu berarti pihak pengelola masih harus menambah enam prodi baru  di bidang eksakta. 

Dengan menambah  enam prodi baru maka STKIP Muhammadiyah Bulukumba telah memenuhi salah satu syarat pengusulan perubahan status. Sekarang ini  baru mengolola  empat program studi, yakni Bahasa Indonesia, Biologi, Bahasa Inggris dan Pendidikan Luar Sekolah. Sementara enam  prodi baru yang diwacanakan untuk dibuka adalah Matematika, Pertanian  Agroteknologi, Peternakan, Teknik Impormatika, Kesehatan Lingkungan dan Teknik Idustri.

Ketua STKIP Muhammadiyah Bulukumba, Drs Jumase Basra, M.Si, menyampaikan rencana  ini disela-sela acara seminar Pra Musyawarah Wilayah ke-39 Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, di Kampus  II STKIP Muhammadiyah Bulukumba, Sabtu 17 Oktober 2015. Seminar  ini dibuka Wakil Ketua PWM Sulsel, Prof Dr KH Abo Asse. Dihadiri pula Ketua Muswil Muhammadiyah ke 39 PWM Sulsel,  H Muh. Darwis Lantik, beberapa wakil ketua PWM, yakni KH Iskandar Tompo,  H Syaiful Saleh, KH Mustari Bosrah, Abdullah Renre  sekaligus sebagai narasumber. Juga hadir anggota DPD RI Iqbal Parewangi dan yang mewakili bupati Bulukumba, Kadis Pertanian  dan tanaman Pangan, Ir Harun.

Jumase Basra, mengakui sudah ada tim dibentuk  mengurus semua kekurangan yang dipersyaratkan. Cuma yang selama ini masih sedang diupayakan adalah tenaga dosen yang akan membidangi masing-masing prodi tersebut. “Hanya ini kendala terberat dihadapi, yang lain termasuk fasilitas yang mendukung proses pendidikan di kampus sudah tidak masalah, kemudian kampus juga sudah menyiapkan fasilitas rusunawa empat tingkat bantuan dari kementerian PU yang kini dalam tahap pembangunan,”ujar jumase Basra.

Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bulukumba  sebanyak 1.413 orang dan hingga wisuda ke 12, alumni sudah mencapai 5.453 orang. Belum termasuk wisuda ke 13 yang direncanakan November bulan depan sebanyak 460 orang.  Dari  empat prodi   terbanyak mahasiswanya adalah Bahasa Iggris, menyusul Biologi dan Bahasa Indonesia.

Wacana perubahan status dari sekolaj tinggi menjadi universitas  cukup mendapat respon dari pihak kopertis wilayah IX Sulawesi. Selain itu  beberapa pihak yang ditemui siap membantu  untuk kelancaran proses tersebut, termasuk membantu untuk pengadaan SDM dalam hal ini dosen berdasarkan komptensi prodi yang akan dibuka. (ulla/yaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *