STKIP Yapim Maros Gunakan Kurikulum Berbasis KKNI

Ketua STKIP Yapim Maros, Prof Dr H Kaharuddin, M.Hum
Ketua STKIP Yapim Maros, Prof Dr H Kaharuddin, M.Hum

Makassar (rakyatbersatu.com) -Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yapim Maros  akan melakukan perubahan kurikulum dengan kurikulum baru  berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional-Indonesia (KKNI). Hal ini dilakukan guna mewujudkan STKIP Yapim lebih baik  sekaligus menuju perubahan kampus jadi universitas.

            Perubahan kurikulum baru ini akan dirumuskan dalam  lokakarya penyusunan kurikulum berbasis KKNI, PPL, KKLT dan penyusunan GBRP/SAP mata kuliah,  berlangsung  dua hari dimulai Sabtu – Minggu (22-23 Agustus) di Grand City Hotel (Km 16) Makassar.

Ketua STKIP Yapim Maros, Prof Dr H Kaharuddin, M.Hum, mengatakan,  tujuan lokakarya  kurikulum, untuk merumuskan seperti apa nanti lulusan yang diharapkan. Kurikulum yang dibuat ini akan disesuaikan perkembangan berdasarkan aturan KKNI dan SNPT. Artinya  kurikulum yang baru akan dibuat  disesuaikan  arah pembangunan nasional, dimana alumni dihasilkan memiliki keterkaitan dunia kerja, dibarengi  8 standar nasional pendidikan tinggi.

 Oleh karena itu,  mantan Rektor Universitas Sawerigading Makassar ini,  mengatakan, dalam menyusun kurikulum  pada setiap prodi harus mengikuti standar nasional  serta dapat menyesuaikan perkembangan saat ini.  Sehingga STKIP Yapim Maros nantinya akan menghasilkan alumni yang memiliki daya saing yang tinggi tidak hanya pasar dalam negeri tetapi bisa bersaing dengan bangsa-bangsa lainnya khususnya untuk tingkat ASEAN.

 Untuk mendukung  lokakarya penyusunan kurikulum ini, Ketua STKIP Yapim Maros,  sebut Kaharuddin,  didukung oleh  sejumlah narasumber yang kompeten karena  terkait langsung dengan dunia kerja, yakni dari beberapa guru SMP,  SMA,  lembaga penjaminan mutu dan  dari Lembaga Pengembangan SDM   Kopertis.

        Sekretaris Yayasan Pendidikan Islam Maros, H.Muh Syahrir, SE, MM dalam sambutannya, merespon langkah  diambil oleh manajemen STKIP Yapim Maros  untuk melakukan perubahan kurikulum  berstandar pada  KKNI dan SNPT. Karena langkah tersebut sangat strategis dalam memenuhi kebutuhan dunia kerja saat ini.

        Syahrir berharap, lokakarya peninjauan kurikulum dan pelatihan penyusunan GBRP/SAP Matakuliah ini bisa berjalan sukses. Pihak yayasan sangat merespon setiap   kebijakan yang mendukung pengembangan pendidikan Yapim Maros. Karenanya  menurutnya lokakarya ini sangat penting, dan lembaga ini tidak hanya menuntut jumlah mahasiswa yang begitu besar, tetapi juga akan menuju kepada peningkatan kualitas. (yamus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *