Sudah 8 Korban AirAsia Ditemukan

Korban Air Asia yang berhasil di evakuasi ke RS Bhayangkara Surabaya. (ist)
Korban Air Asia yang berhasil di evakuasi ke RS Bhayangkara Surabaya. (ist)

Pangkalan Bun.RBC.- Sampai Kamis sore, 1 Januari 2015 tim pencari korban AirAsia dibawah koordinasi Tim Basarnas telah menemukan 8 korban di lokasi jatuhnya pesawat, enam kKorban ini sudah di kirim ke Surbaya untuk diidentifikasi.

Deputi Bidang Potensi Basarnas Marsda Sunarbowo Sandy mengatakan saat ini ada dua jenasah yang masi berada di RS Imanuddin untuk menjalani indentifikasi awal, dan segera dikirim juga ke RS Bhayangkara di Surabaya.

Sementara itu Tim Disaster Victim Identification (DVI) Kepolisian Daerah Jawa Timur saat ini mulai mengidentifikasi empat jenazah baru yang datang dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Keempat jenazah tersebut tiba di Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur pada pukul 11.45 Waktu Indonesia Barat (WIB) setelah diterbangkan dari Bandara Pangkalan Bun.

“Kami juga menerima jenazah empat orang dengan jenis kelamin dua lelaki dan perempuan. Saat ini, sedang diperiksa post mortem oleh tim DVI,” kata Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Anas Yusuf di RS Bhayangkara, Surabaya, Kamis (1/1).

Meskipun demikian, pihaknya belum bisa memastikan hasil identifikasi bisa dirilis kepada awak media. “Masih bekerja,” katanya singkat.
Tim forensik RS Bhayangkara akan mencocokkan data ante mortem dan post mortem dari tiap jasad. Data ante mortem tersebut merupakan data yang melekat dan ditemukan di tubuh jenazah. Setelah data cocok, tim akan menyerahkan hasilnya kepada pihak AirAsia.

Setelah itu, pihak kepolisian beserta AirAsia akan menyerahkan jenazah ke keluarga korban. Pemberian jenazah juga disertai dengan sertifikat kematian.

Sebelumnya, Koordinator Tim Ante Mortem Ajun Kombes dr Ony Swasono mengatakan setiap jasad akan diidentifikasi oleh 12 tenaga ahli dan tenaga medis. Tim terdiri dari para polisi organik dan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Terdapat pula spesialis forensik, antropologi forensik, psikologi forensik, dan ahli DNA. (bbs/yd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *