Sulsel 346 Tahun, Lakukan Perubahan Besar, Ciptakan Peradaban Baru

Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo bersama Bupati Takalar
Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo bersama Bupati Takalar (ist)

Makassar (rakyatbersatu.com) – Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa Sulawesi Selatan kini berada pada fase perubahan besar untuk menciptakan peradaban baru.

Hal tersebut dikemukakan Syahrul Yasin Limpo, pada acara peringatan Hari Jadi Sulsel ke 346 yang di gelar di Four Points By Serathon Hotel Makassar, Senin (19/10/2015),

“Sulsel sekarang menjelma menjadi provinsi terbaik di Indonesia, bahkan menjadi barometer di Indonesia untuk semua sektor pembangunan, mulai dari pemerintahan, sosial, pendidkan, kesehatan, agama, keamanan, politk hingga perekonomian, ” ungkap Syahrul Yasin Limpo.

Di bidang pemerintahan, Sulsel meraih lima kali opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI. Selain itu daerah ini juga berhasil mengantongi 174 penghargaan nasional.

Untuk sektor pendapatan perkapita masyarakar Sulsel sudah mencapai Rp 35 juta lebih. Bahkan berdasarkan data, sekitar 7,5 juta penduduk Sulsel masuk dalam kelas menengah. Hal ini terjadi karena sektor pertanian, peternakan, kelautan berkembang sangat pesat. “Impian saya, pendapatan perkapita masyarakat Sulsel bisa mencapai 50 juta lebih, ” tutur Syahrul.

Dikesempatan itu juga, Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan sejumlah mega proyek yang sementara dikerjakan di Sulsel, diantaranya proyek kereta api, perluasan bandara udara dan pelabuhan laut serta pembangunan lima bendungan besar.

Hari jadi Sulsel ke-346 juga diwarnai pemberian penghargaan, diantaranya di bidang pariwisata, pajak award, Adibhakti serta lomba desa dan kelurahan se-provinsi Sulsel.

Untuk penghargaan destinasi pariwisata terbaik di Sulsel diberikan kepada Toraja Utara, Kabupaten Bantaeng, dan Kota Makassar. Sedangkan, penghargaan destinasi wisata baru diberikan kepada Kabupaten Maros dan Pinrang.

Penghargaan Pajak Award 2015 kepada Bupati Enrekang Muslimin Bando, Walikota Makassar Danny Pomanto dan Bupati Bone Andi Fahsar Padjalangi.

Pada acara tersebut, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limp juga menyerahkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) kepada Kabupaten Pinrang atas prestasinya dalam hal inovasi pelayanan publik.

Puncak rangkaian HUT Sulsel ke 436 diwarnai malam ramah tamah yang dipusatkan di CPI dan Anjungan Pantai Losari Makassar yang dihadiri 5000 undangan.Acara puncak HUT Sulsel ini ditandai pesta lazer dan pesta kembang api. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *