Sulsel Dikepung Ancaman Napza dan HIV/AIDS

Prof.Dr.Andi Agustang, M.Si,
Prof.Dr.Andi Agustang, M.Si,

Makassar (RakyatBersatu).
Masyarakat Sulsel hari ini dan akan datang dikepung dengan bayang-bayang ancaman pengedaran gelap  narkoba, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (Napza) dan HIV/AIDS. Kedua realitas sosial itu,  fenomenanya  laksana gunung es, kelihatan sedikit di permukaan tetapi di bawahnya luar biasa banyaknya.

Demikian ditegaskan salah seorang staf ahli Biro Bina Napza dan HIV/AIDS Provinsi Sulsel, Prof.Dr.Andi Agustang, M.Si, Rabu 5 Maret, dalam perjalan sosialisasi program ke Jeneponto, Sinjai dan Bone.

Risiko jika masalah Napza dan HIV/AIDS tidak secara bersama dicegah dan ditanggulangi, menjadi ancaman sangat krusial, karena mayoritas menyerang anak bangsa yang berada dalam usia produktif malah juga menyebar kepada generasi muda harapan bangsa, tandas Guru Besar Luar Biasa FKM UVRI Makassar ini.

Biro Bina Napsa dan HIV/AIDS, secara tekhnis membantu Gubernur Sulsel menangani dua masalah itu dengan tiga program unggulan. Pertama penguatan kapasitas kelembagaan dengan sasaran, adanya akselerasi penanggulangan oleh pemerintah, swasta dan masyarakat.

Kedua, pembangunan sistem sosial masyarakat yang kuat dengan sasaran adanya, katup pengaman pada tingkat desa/kelurahan guna mendeteksi dini dan pencegahan segera. Ketiga, rehabilitasi berbasis masyarakat, sasaran memutus mata rantai dan peningkatan kualitas hidup korban.

Data menunjukkan, dari  BNN Provinsi Sulsel dan Dinas Kesehatan Sulsel, angka korban narkoba  sepanjang tahun 2012 mencapai sebanyak  133.524 orang.  Pengidap HIV/AIDS juga mencatat angka cukup besar yakni,  sebanyak 6.139 orang. Korban dominan  pria angkanya sekitar   70 persen, trans gender 10 persen, lebih banyak usia produktif antara 14 sampai 25 tahun.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo senantiasa memberi perhatian  agar generasi muda dapat terselamatkan dan tidak terjadi lost generation, kata profesor pertama dari SMA Negeri Mare Bone ini. (ym/rbc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *