Tak Ada Lagi Izin Reklamasi Pantai untuk Bangun Hotel dan Apartemen

Reklamasi pantai Losari Makassar (ist)
Reklamasi pantai Losari Makassar (ist)

Jakarta (rakyatbersatu.com) – Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti kembali membuat gebrakan. Kali ini sasarannya para pengembang yang kerap membangun hotel, apartemen hingga pusat perbelanjaan dengan melakukan reklamasi pantai.

“Saya sedang wacanakan, ke depan tak ada lagi reklamasi untuk bikin kamar hotel, tidak ada lagi reklamasi buat ATM, tak ada reklamasi buat mal. Saya pikir tanah kita itu masih banyak, kenapa harus ada reklamasi,” ujar Susi di Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Diakui Susi, rencana moratorium reklamasi pantai masih dibahas di kementeriannya. Jika sudah selesai segera dilaporkan ke presiden.

Menteri Susi Pudjiastuti menegaskan akan mengeluarkan aturan moratorium reklamasi pantai. Moratorium yang akan dibuat dalam Peraturan Menteri (Permen) akan membekukan semua izin pengurukan pantai untuk area komersial, kecuali reklamasi pantai untuk peruntukan bandara dan pelabuhan saja. Sementara, untuk pembangunan hotel, apartemen, hingga pusat perbelanjaan tidak diberikan izin lagi.

Ditegaskan Susi, reklamasi pantai berdampak serius terhadap ekosistem perikana laut yang kemudian berujung penghancuran kehidupan nelayan.Nasib nelayan semakin miris, karena mereka juga harus berhadapan dengan pencuri ikan oleh kapal asing.

“Nelayan kecil itu kasihan. Di laut dalam mereka diserang sama kapal-kapal besar illegal fishing, di darat mereka diserang reklamasi. Jutaan (nelayan) ini mau ke mana, persoalan pembangunan kita selalu identik dengan penggusuran. Pembangunan tak boleh ada stakeholder yang digusur,” tegas Susi seperti dilansir detikfinace.com.(yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *