Tak Memiliki Keterampilan, Banyak Pencari Kerja Tersingkir dari Job Fair

Ilustrasi, para pencari kerja (ist)
Ilustrasi, para pencari kerja (ist)

Makassr (rakyatbersatu.com) – Bagi para pencari kerja kini saatnya Anda harus memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jika tidak, pasti Anda akan tersingkir dari bursa penerimaan tenaga kerja. Karena hampir semua perusahaan yang mencari tenagakerja yang ikut dalam Job Fair membutuhkan tenaga yang siap pakai.

Data yang dirilis oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Makassar menyebutkan bahwa periode Januari-September 2015, Disnaker telah melaksanakan sembilan Job Fair yang diikuti oleh ratusan perusahaan, dengan total lowongan kerja sebanyak 19.708 orang. Namun sayangnya, para pencari kerja yang mengikuti job fair yang bisa terserap bekerja hanya 13.180 orang saja dengan jumlah pengunjung 30.482 orang, artinya ada 6.528 lowongan kerja tidak terisi.

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Disnaker Makassar, H Alimuddin mengatakan, selain minim keterampilan, kendala lain yang membuat pencari kerja tidak bisa diterima karena faktor usia. Selain itu kemampuan bahasa asing dan penguasaan program komputer ikut menjadi faktor utama gagalnya para pencari kerja.

Diakui Alimuddin, hampir semua perusahaan yang ikut dalam job fair mensyaratkan penguasaan bahasa asing, khusus bahasa Inggris, tentu dengan standar nilai TOEFL atau IELTS, termasuk keterampilan mengoperasikan beberapa program komputer seperti MS Office, Corel Draw dan Photoshop.(yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *