Tenaga Pendidik Masih Sangat Dibutuhkan

Prof.Dr.Andi Niartiningsih, MP
Prof.Dr.Andi Niartiningsih, MP

Makassar, RBC.-Sekolah Tinggi  Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Pembangunan Indonesia (STKIP-PI) Makassar mengelola dua program studi, yakni Pendidikan  Biologi dan Ekonomi, menggelar wisuda XIX  sebanyak 353 sarjana,  di Hotel Clarion, Senin 29  Desember 2014.   Acara ini ditandai   orasi ilmiah dengan judul  ‘Strategi Pendidikan Karakter Perguruan Tinggi’ oleh Dr H Muchtar Lamo, SE., M.Si yang juga dosen pasca sarjana STKIP-PI Makassar.

         Wisuda  dihadiri Koordinator Kopertis IX Sulawesi, Prof Dr Ir Hj Andi Niartiningsih, MP, mewakili Walikota Makassar, Drs H Mahmud (Kadis Pendidikan Kota Makassar), Ketua Yayasan Pembangunan Indonesia (YASPI) Makassar,  Andy Chaeruddin Patompo, Ketua STKIP, Dr Muh. Yunus, M.Pd sekaligus  membuka rapat senat terbuka luar biasa wisuda sarjana XIX STKIP-PI, Direktur Pascasarjana STKIP-PI, Dr Muh. Yahya, M.Pd para orang tua wisudawan dan wisudawati  serta undangan.

         Koordinator Kopertis IX Sulawesi, Andi Niartiningsih, dalam sambutannya mengatakan,  tenaga pendidik masih sangat dibutuhkan.  Bagi  calon tenaga guru jangan  memilih-milih tempat pengabdian.  Jangan pernah berpikir selalu  di kota. Padahal sebenarnya pengabdian terasa manfaatnya,  jika yang dibutuhkan oleh masyarakat, seperti halnya di wilayah perbatasan. Kebutuhan tenaga pendidikan untuk wilayah perbatasan masih cukup besar.

          Memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 persaingan tingkat ASEAN tidak bisa dielakkan. Dan untuk bisa bersaing maka pendidikan tinggi harus bisa menyiapkan sumber daya manusia lebih berkualitas. Era ini sebenarnya bukanlah rintangan, tetapi merupakan dorongan untuk kita bisa lebih meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki, kata Andi Niar

       Ketua YASPI Makassar, Any Chaeruddin Patompo, terus memegang komitmennya untuk memajukan pendidikan yang dinaunginya. Sekarang ini telah menaungi tiga lembaga pendidikan tinggi  dengan jumlah mahasiswa sudah mencapai 3000-an mahasiswa. Dann pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini jumlah yang diterima mencapai 945 orang.

        Putra mantan walikota Makassar ini, melihat perkembangan STKIP-PI  dari tahun ketahun terus meningkat, baik jumlah mahasiswa yang mendaftar maupun penambahan program studi baru  yakni program pascasarjana  dan tahun ini sudah menerima mahasiswa sebanyak 120 orang. Tidak hanya itu pihak yayasan juga memikirkan pembangunan kampus baru di Jl Inspeksi Kanal, dan berharap tahun depan bangunan kampus baru ini sudah bisa dimanfaatkan.
Ada enam mahasiswa berprestasi sekaligus yang mendapatkan IPK tertinggi, pada wisuda XIX, masing-masing  tiga orang dari pendidikan biologi, yakni Falerianus T (IPK 3.95), Herlina (IPK 3.94) serta Eduarsu S (IPK 3.91). Sementara tiga orang dari pendidikan ekonomi,  yakni  Emeliana (IPK 3.87), Harpiani (IPK 3.85) serta Tendiana P (IPK 3.83).(ym)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *