Terbit Buku Kedua Ketua PPs PWK Universitas 45

Dr.Ir.Batara Surya, M.Si
Dr.Ir.Batara Surya, M.Si

Walau disibukkan rutintas mengajar, membimbing dan menguji mahasiswa, tetapi Ketua Prodi S2 Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) PPs Universitas 45 Makassar, Dr.Ir.Batara Surya, M.Si masih tetap ada waktu menulis dan mempublikasikan karya buku teks.

Ditemui di ruang kerjanya, Selasa 15 April 2014, Batara Surya menjelaskan, buku kedua berjudul Penetrasi Kapitalisme Memarginalkan Komunitas Lokal (Studi Kasus Kawasan Metro Tanjung Bunga Kota Makassar), sedang dalam proses percetakan. Direncakanan pertengahan Mei 2014, segera terbit dan disebarkan kepada publik, ungkap doktor sosiologi PPs Universitas Negeri Makassar ini.

Buku pertama berjudul, Urbanisasi dan Pertumbuhan Kota sudah terbit 2011. Stok buku kedua ini sudah habis, sehingga dalam waktu dekat direncanakan untuk cetak ulang setelag dilakukan perbaikan dan revisi pada beberapa isinya, tegas pria kelahiran Lapri Bone 13 Januari 1971 ini.

Puncak karier seorang dosen adalah mencapai profesor atau guru besar. Hampir semua dosen dalam  benak dan impiannya, suatu wakt dapat mencapai pangkat akademik seorang profesor. Meraih pangkat akademik tertinggi tersebut butuh perjuangan dan kreatifitas menggairahkan atmosfer akademik, ungkap Team Leader Penyusunan Rencana Pengembangan Kawasan Pemukiman Prioritas (RPKPP) Kota Makassar 2010.

Perjuangan panjang memburu impian itu tandas Dosen Tetap Yayasan Universitas 45, telah dipersiapkan sejak beberapa tahun lalu. Rajin menulis makalah dan artikel pada jurnal skala nasional dan internasional.

Salah satu jurnal internasional setelah setahun menunggu untuk publikasi, sempat termuat pada jurnal internasional diakui Dirjen Dikti Kemendikbud. Selain itu beberapa artikelnya juga sudah terbit pada enam prosiding, tandas anggota Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia dengan No Keanggotaan, 7305002.

Dua karya buku tersebut, tegas Magister Sains Prodi Manajemen Perkotaan PPs UNHAS 2001, menjadi bagian dari upaya meramaikan tradisi akademik menulis dan mempublikasikan karya ilmiah termasuh buku teks di jajaran dosen Kopertis Wilayah IX Sulawesi, tegas Team Leader Penyusunan Rencana Tata Ruang Kawasan Segi Tiga Perkembangan Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur 2006. (ym/rbc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *