Tiga Poros Koalisi akan Terbentuk

pemilu-2014Dalam berbagai perhitungan cepat atau quick count yang dilakukan sejumlah lembaga survei mencatatkan Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) berada pada posisi pertama dengan peroleh suara 19 persen.

Karena tidak adanya partai yang mencapai angka signifikan untun mengusung sendiri calonya dalam Pilpres mendatang maka diprediksi akan muncul poros koalisi partai.

“PDIP memang berada di posisi pertama. Namun, dengan raihan suara yang tidak mencapai 25 persen, membuat kemenangan PDIP ini tidak begitu istimewa.Dengan kisaran kemenangan paling besar 20 persen suara, sulit bagi PDIP di parlemen mendukung pemerintahan andai Jokowi yang terpilih sebagai Presiden. Mau tak mau, PDIP harus menjalin koalisi termasuk di parlemen,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi

Sementara itu ,Board Advisor CSIS Jeffrie Geovanie menjelaskan, Pilpres 2014 ini akan menarik karena kekuatan partai-partai sangat berimbang. Menurutnya, setidaknya akan ada tiga poros koalisi yang akan muncul.

“Kemungkinan koalisi buat pemilu Presiden adalah, PDIP, PKB, dan Nasdem mengusung Jokowi-Surya Paloh (Ketum Nasdem) atau Jokowi-Muhaimin Iskandar (Ketum PKB),” ujar Jeffrie.

Koalisi kedua adalah Golkar dengan Hanura yang mengusung Aburizal Bakrie (Ketum Golkar) berpasangan dengan Wiranto (Ketum Hanura) atau Prabowo dengan Hary Tanoesoedibjo (Ketua Bappilu Hanura).Dan koalisi ketiga adalah Gerindra dengan PPP, PAN dan Demokrat. Komposisinya, bisa Prabowo Subianto (Gerindra) Dahlan Iskan (peserta Konvensi Demokrat) atau Prabowo dengan Suryadharma Ali (PPP). Atau opsi ketiga, Prabowo bersama Hatta Rajasa (PAN).”Hampir seperti itulah kira-kira kemungkinan koalisinya,” jelas Jeffrie. (bbs/yd)
Berikut hasil quick count sementara Cyrus Network-CSIS sesuai nomor urut partai:

1. NasDem: 6,9%
2. PKB: 9,2%
3. PKS: 6,9%
4. PDIP: 19%
5. Golkar: 14,3%
6. Gerindra: 11,8%
7. PD: 9,6%
8. PAN: 7,5%
9. PPP: 6,6%
10. Hanura: 5,5%
14. PBB: 1,6%
15. PKPI: 1,1%
Data Masuk: 98%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *