Tips Makan Sushi Sehat & Gak Bikin Gemuk

asiknya makan sushiAPA sih yang ada di benakmu jika ditanya soal kuliner Jepang? Sushi dan sashimi. Ya, salah satu kuliner asal Jepang ini memang sangat digandrungi masyarakat ibukota. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya muncul restoran sushi di pusat-pusat perbelanjaan dan sentra kuliner. Peminatnyapun sudah tak terhitung lagi, mulai dari remaja hingga kalangan lanjut usia. Belum lagi promo-promo yang biasa ditawarkan oleh beberapa kartu kredit  yang bisa membuatmu tak bisa menahan godaan. Tak mengherankan karena memang makanan ini terkenal lezat dan sangat bergizi. Tapi tahukah kamu, bahwa tidak semua jenis sushi sehat untuk dikonsumsi?

Ya, menurut Allison Tanenbaum tidak semua jenis sushi itu memiliki gizi yang baik, tergantung kepada jenis sushinya, beberapa gulungan sushi bisa mengandung 500 – 1.000 kalori, loh. Nah, bagaimana sih untuk tetap menikmati sushi yang sehat dan bergizi, yuk intip tipsnya seperti di bawah ini!

Cara Order Sushi yang Tepat

Ada mindset yang salah dalam memesan sushi favorit kalian. Biasanya mayoritas orang yang menyukai makanan ini sudah mengetahui apa menu sushi favoritnya dan akan memesan menu itu dalam jumlah yang banyak. Lebih baik singkirkanlah mindset semacam itu, mulailah ubah mindset kalian dengan memesan beragam jenis gulungan sushi. Sebab satu gulungan nasi ditambah dengan ikan mentah dan sup miso juga protein apabila disatukan akan memiliki keseimbangan gizi yang sempurna.

Dahulukan Edamame

Edamame merupakan kedelai Jepang yang rendah kalori dan tinggi protein yang akan lebih bermanfaat jika digunakan sebagai makanan pembuka. Dan manfaatnya akan bertambah jika dikonsumsi tanpa rasa asin atau garam tambahan. (Baca Juga : Menulusuri 5 Desa Rahasia di Eropa)

Tambah Sup atau Salad

Menambahkan salad yang kaya serat atau rumput laut yang memiliki antioksidan yang tinggi juga merupakan pilihan yang bijaksana bagi kesehatanmu. Atau kamu bisa memesan sup miso dengan kaldu dan tofu yang bisa dikonsumsi sebelum menu utama. Meski tinggi sodium, sup miso masih terbilang aman untuk dikonsumsi asalkan dengan porsi yang wajar. Pastikan juga untuk tak lupa meminum air putih yang banyak setelahnya.

Pesanlah Sashimi

Setiap kemasan sashimi (ikan mentah) memang memiliki kandungan protein yang berbeda. Biasanya sashimi memiliki sekitar 25 kalori di setiap potongannya. Pastikan untuk selalu menanyakan kandungan protein dan kualitas ikan yang kamu akan pesan untuk menghindari kelebihan kalori.

Jangan Pakai Mayonaise

Wasabi dan jahe merupakan pilihan yang lebih bijaksana bagi kesehatanmu ketika memakan sushi ketimbang mayonaise. Karena sushi sendiri sudah memiliki kalori yang tinggi, jika ditambahkan mayonaise, bisa dibayangkan dong berapa kalori yang masuk ke dalam tubuhmu?

Hindari Gorengan

Restoran sushi yang ada saat ini biasanya memiliki ragam pilihan yang bisa kamu pilih. Namun, kamu juga harus cerdas dalam memilih menu sushimu, hindarilah sushi yang di dalamnya mengandung gorengan seperti tempura dan sushi rolls.

Teh Hijau (Ocha)

Teh hijau merupakan minuman khas Jepang yang memang sangat berkhasiat bagi kesehatan, sebab teh hijau atau yang sering kali disebut Ocha ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Teh hijau juga dipercaya akan menetralkan kadar kolesterol dari makanan yang kamu santap.

Nah, setelah tahu tips-tips sehat memakan sushi, kamu bisa mulai mencoba ulasan di atas dengan membeli sushi di gerai Sushi Kiosk, yang menawarkan konsep unik Grab & Go untuk para penikmatnya yang tak memiliki banyak waktu untuk memakan di restoran. Jadi santapan sushi ini bisa kamu nikmati di manapun dan kapanpun. Selain itu sedang ada penawaran menarik pula dari Kartu Kredit Mandiri yang menawarkan diskon hingga 30% dengan menukarkan fiestapoinmu. Yuk, kapan lagi makan sushi sehat, murah dan cepat saji! (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *