Toyota Bangun Sekolah Mekanik di Bantaeng

toyota_logo Produsen kendaraan mobil terbesar Toyota berencana membangun sekolah mekanik di Kabupaten Bantaeng.Sekolah tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan tenaga terampil bengkel Toyota di kawasan Asia Pasifik, kata Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah pada puncak perayaan Hari Jadi Kabupaten Bantaeng ke -759 di lapangan Pantai Seruni, Minggu (8/12).

Kegiatan yang diawali pawai budaya dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut diwarnai penyerahan peniti emas kepada 7 orang tokoh berjasa dan berprestasi serta penghargaan kepada investor yang menanam modal di Bantaeng.

Menurut Bupati HM Nurdin Abdullah, hingga 2013 dua unit pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) telah dibangun masing-masing di Sungai Bialo dan di Bissappu.

Kementerian Tenaga Kerja juga telah membangun Balai Latihan Kerja (BLK) internasional yang diharapkan sejalan dengan perkembangan industri di daerah ini.

Bupati juga merilis hasil Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi sebesar 8,9 persen serta penurunan angka kemiskinan  dari 12,12 persen pada 2008 menjadi 7,5 persen pada 2013.

Angka pengangguran juga mengalami penurunan drastis menjadi 5,3 persen dan pada 2015 angka pengangguran ini diharapkan sudah nol, seiring dengan beroperasinya sejumlah industry smelter.

Pendapatan perkapita juga mengalami peningkatan dari Rp 5 juta/tahun menjadi Rp 14 juta lebih/tahun. Peningkatan berbagai sektor tersebut memicu peringkat IPM Bantaeng dari peringkat 17 pada 2008 menjadi peringkat 5 besar untuk tingkat provinsi.

Yang mengejutkan, tambah Nurdin Abdullah, tingkat perceraian juga menurun dari 11 kasus/minggu menjadi 17/tahun. Hal tersebut antara lain karena adanya perbaikan ekonomi.

Peningkatan pendapatan masyarakat yang diiringi pembangunan infrastruktur wisata mulai dari wisata pantai hingga awisata agro juga berperan dalam menekan orang Bantaeng ke luar mencari pekerjaan ke Malaysia atau ke daerah lain.

Hal tersebut semakin menambah keharmonisan keluarga, urai Nurdin seraya mengemukakan kesiapan Bantaeng mencatat sejaraha baru dengan menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) ke 15 September 2014.

Hingga kini, persiapan sarana Porda telah mencapai 85 persen. Karena itu, Nurdin Abdullah berharap Pemprov memeberi perhatian untuk turut menyukseskan pesta olahraga se Sulsel tersebut.

Berkat kerja keras jajaran Pemda bersama masyarakat, Bantaeng mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Sehat Nasional serta penghargaan Innovatif Government Award (IGA) setelah menyisihkan 328 kota/kabupaten di Indonesia.

Tim kesenian Kabupaten Bantaeng juga berhasil meraih penghargaan The Brilliant Performance dan Best of the Best pada festivasl seni dan budaya Asia di Jepang yang diikuti 9 negara beberapa waktu lalu.

Kini, Bantaeng mewakili Indonesia dalam kompetisi layanan public melalui Brigade Siaga Bencana (BSB) setelah menyisihkan 60 kota/kabupaten yang ikut seleksi.

Masih menurut Bupati Bantaeng, khusus pembangunan rumah sakit bertaraf internasional, kini telah memasuki pembangunan tahap petiga dan tahun depan diharapkan rampung.

RS Bantaeng kini dijadikan pusat layanan operasi jantung, mata dan operasi bibir sumbing di bagian selatan Sulsel. Sedang pembangunan jalan strategi nasional sudah memasuki 80 persen.

Perbaikan jalan juga dilakukan ke kawasan agrowisata di Kecamatan Ulu Ere,tambah Nurdin Abdullah.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *